4 Mitos Kupu-kupu Masuk Rumah, Pertanda Baik atau Buruk?

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
23 November 2022 16:30
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi mitos kupu-kupu masuk rumah. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mitos kupu-kupu masuk rumah. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
Kupu-kupu merupakan salah satu hewan dari kelompok serangga yang mudah dijumpai di berbagai tempat. Warna sayap kupu-kupu yang indah membuat banyak orang yang senang memerhatikannya.
ADVERTISEMENT
Selain memiliki warna yang cantik, kupu-kupu juga dipercaya sebagai pembawa keberuntungan. Hal ini ada kaitannya dengan mitos kupu-kupu masuk rumah yang beredar di tengah masyarakat sejak dulu.
Mengutip buku Ajar Ilmu Kesehatan (Memahami Gejala, Tanda, dan Mitos) karya Umar Zein dan Emir El Newi, mitos adalah suatu kepercayaan tradisional yang keberadaannya merupakan khayalan dan tidak dapat dibuktikan.
Mitos tersebar melalui lisan dan diwariskan secara turun temurun ke setiap generasi. Seiring berkembangnya zaman, mitos mulai dilupakan orang-orang. Namun, ada pula masyarakat yang masih memercayainya hingga saat ini.

Arti Mitos Kupu-kupu Masuk Rumah

Ilustrasi arti mitos kupu-kupu masuk rumah. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi arti mitos kupu-kupu masuk rumah. Foto: Pexels
Dalam laman neoch.org, disebutkan bahwa kupu-kupu dalam kepercayaan masyarakat dianggap sebagai malaikat yang selalu mengawasi dan menjaga manusia. Kupu-kupu juga melambangkan keindahan alam, kecantikan, wanita, hingga sesuatu yang bersifat sensual.
ADVERTISEMENT
Meski kupu-kupu selalu dikaitkan dengan hal positif, mitos kupu-kupu masuk rumah ternyata tidak demikian. Dihimpun dari buku The Myths: Graflit terbitan Anagraf Indonesia, berikut adalah arti mitos kupu-kupu masuk rumah yang dipercaya banyak orang.

1. Pertanda akan ada tamu

Kupu-kupu yang terbang dan masuk ke dalam rumah dipercaya sebagai pertanda bahwa pemilik rumah akan kedatangan tamu. Niat dari tamu tersebut juga dapat diketahui dengan melihat wujud kupu-kupu yang masuk.
Jika kupu-kupu yang masuk memiliki warna yang cantik, maka tamu yang datang juga bermaksud baik. Sedangkan kupu-kupu yang berwarna hitam menggambarkan niat buruk tamu yang akan datang.

2. Pertanda akan mendapat rezeki

Kupu-kupu yang masuk ke dalam rumah juga sering dianggap sebagai pembawa keberuntungan. Orang yang rumahnya didatangi hewan dari kelompok serangga dari ordo Lepidoptera tersebut akan memperoleh rezeki tak terduga.
ADVERTISEMENT
Rezeki ini dapat berupa jodoh, kenaikan jabatan, kesuksesan bisnis, dan masih banyak lagi. Segala rezeki yang didapatkan orang tersebut akan membuat dirinya mengalami perubahan nasib ke arah yang lebih baik.

3. Pertanda akan mendapat musibah

Selain bermakna baik, mitos kupu-kupu masuk rumah juga dapat ditafsirkan sebagai pertanda negatif. Jika kupu-kupu masuk rumah pada waktu malam hari, maka ini merupakan peringatan akan datangnya musibah.
Musibah yang dimaksud dapat terjadi pada seluruh anggota keluarga di dalam rumah tersebut atau juga bisa hanya menimpa salah satunya.

4. Pertanda duka

Mitos kupu-kupu masuk rumah bisa diartikan sebagai pertanda duka yang akan dialami seseorang. Pertanda tersebut dianggap benar jika kupu-kupu yang masuk ke dalam rumah memilik sayap berwarna oranye.
Pemilik rumah harus bersiap-siap menerima kabar buruk, baik dari anggota keluarga, sahabat, kekasih, atau kerabatnya. Berita duka ini mungkin ada kaitannya dengan kematian salah satu dari orang-orang tersebut.
ADVERTISEMENT
Kupu-kupu menandakan apa dalam mitos?
chevron-down
Apa mitos kupu-kupu hitam masuk rumah?
chevron-down
Apa arti kupu-kupu masuk rumah di malam hari?
chevron-down
(AAA)