Tekno & Sains
·
16 Oktober 2020 7:31

4 Tips Menggunakan Google Translate yang Jarang Diketahui

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
4 Tips Menggunakan Google Translate yang Jarang Diketahui (69602)
Tips Menggunakan Google Translate yang Jarang Diketahui. Foto: Shutterstock
Google Translate selama ini telah menjadi situs dan aplikasi penerjemah andalan bagi sebagian orang. Tampilannya yang sederhana memudahkan pengguna untuk mengoperasikannya.
ADVERTISEMENT
Google Translate juga menyediakan lebih dari 100 pilihan bahasa yang dapat diterjemahkan. Tidak hanya itu saja, Google Translate memiliki fitur-fitur menarik yang semakin mempermudah dan mempercepat proses penerjemahan.
Namun beberapa dari fitur tersebut tak semua orang mengetahuinya. Nah berikut adalah beberapa tips untuk memaksimalkan kinerja Google Translate.

Menerjemahkan Gambar

Aplikasi Google Translate memiliki fitur translate images atau penerjemahan gambar. Artinya, Anda bisa langsung menerjemahkan tulisan yang ada pada suatu gambar hanya dengan memindainya menggunakan kamera.
Untuk menggunakannya, pilih bahasa dengan klik bagian ‘Deteksi Bahasa’, lalu klik ikon kamera. Setelah kamera terbuka, klik opsi “Pindai” lalu arahkan kamera pada gambar.
Jika sudah, Anda dapat menyeleksi teks mana yang akan diterjemahkan. Atau Anda dapat memilih opsi “Pilih Semua”. Google Translate secara otomatis akan menerjemahkannya.
ADVERTISEMENT

Menerjemahkan Suara

Dengan menggunakan fitur penerjemah suara, Anda tidak perlu menulis kata atau kalimat yang hendak diterjemahkan. Cukup klik gambar mikrofon, kemudian dekatkan smartphone pada sumber suara. Teknologi Google Translate akan menulis kalimat yang didengar dan menerjemahkannya.

Menerjemahkan Percakapan Langsung, Cocok Untuk Pelancong

4 Tips Menggunakan Google Translate yang Jarang Diketahui (69603)
Google Translate
Google Translate bisa menerjemahkan percakapan langsung dan menyajikannya dalam bentuk tulisan dan suara. Fitur ini sangat berguna untuk para pelancong yang sering bepergian ke luar negeri dan tidak banyak menguasai bahasa setempat.
Caranya pilih ikon “Percakapan” yang disimbolkan dengan gambar orang. Ucapkan kalimat, kemudian Google Translate akan menerjemahkannya dalam bentuk teks dan suara.

Tips Menggunakan Google Translate Secara Offline

Google Translate ternyata bisa digunakan tanpa harus terhubung ke internet, lho! Caranya, buka aplikasi Google Translate, ketuk gambar tiga garis yang ada di kiri atas, klik “Terjemahan Online”.
ADVERTISEMENT
Anda bisa memilih bahasa apa yang diperlukan untuk menjermahkan, lalu akan ada pilihan untuk unduh bahasa.
Setelah pengunduhan selesai, Anda bisa menggunakan Google Translate secara offline untuk menerjemahkan bahasa-bahasa yang telah diunduh.
(ERA)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white