5 Cara Membersihkan Tempered Glass HP agar Bebas Bakteri

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
25 November 2022 11:00
·
waktu baca 1 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara membersihkan tempered glass yang menempel di layar HP. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara membersihkan tempered glass yang menempel di layar HP. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
Layar merupakan bagian HP yang paling mudah rusak serta rawan dihinggapi bakteri. Untuk melindungi layar ponsel dari bahaya tersebut, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memasang tempered glass.
ADVERTISEMENT
Mengutip laman Cellular Outfitter, tempered glass adalah pelindung layar HP dari bahan kaca yang telah dipanaskan melalui proses tertentu hingga menghasilkan bentuk lembaran. Tempered glass berfungsi untuk melindungi layar HP dari benturan, goresan, maupun tekanan.
Meski memiliki sifat yang kuat, tempered glass tetap mudah terkena debu dan kotoran. Oleh karena itu, cara membersihkan tempered glass perlu diketahui untuk meminimalisir bakteri-bakteri jahat yang mungkin hinggap di HP Anda.

Cara Membersihkan Tempered Glass

Ilustrasi cara membersihkan tempered glass pada layar HP. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara membersihkan tempered glass pada layar HP. Foto: Pixabay
Membersihkan tempered glass atau pelindung layar yang sudah terpasang di HP sebenarnya dapat dilakukan sendiri dengan mudah. Dihimpun dari laman wikihow.com dan homeviable.com, berikut adalah rangkaian cara membersihkan tempered glass di layar HP.
Cara Membersihkan Tempered Glass HP Sendiri di Rumah
Berikut cara membersihkan tempered glass HP sendiri di rumah agar ponsel bersih dari bakteri.
1. Matikan HP
Langkah paling awal dalam membersihkan tempered glass adalah mematikan daya ponsel. Hal ini dilakukan agar kotoran dan debu yang menempel di bagian layar dapat terlihat dengan jelas. Selain itu, HP juga menjadi lebih aman dari potensi kerusakan yang mungkin terjadi akibat terkena cairan pembersih.
2. Siapkan peralatan
Anda membutuhkan kain halus atau spons, kain berbahan microfiber dan cairan khusus pembersih layar HP. Jika tidak memiliki cairan khusus, Anda dapat menggunakan cairan pembersih lensa kacamata.
3. Jangan Pakai Tisu
Hindari penggunaan lotion anti nyamuk dan bahan keras lainnya yang dapat mengurangi sensitivitas layar sentuh. Anda juga tidak disarankan memakai tisu sebagai pengganti kain, sebab serat pada tisu berpotensi menggores tempered glass.
4. Semprotkan cairan
Posisikan botol cairan pembersih sekitar 10-15 cm dari layar tempered glass, kemudian semprotkan secara merata ke seluruh permukaannya. Diamkan cairan tersebut sekitar setengah menit sebelum di bersihkan dengan kain. Proses ini dilakukan agar cairan memiliki cukup waktu untuk menyerap kotoran pada layar tempered glass.
5. Bersihkan permukaan tempered glass
Untuk membilas cairan yang menempel pada tempered glass, gunakan kain atau spons yang bersih, halus, dan lembap. Tekstur kain sangat penting diperhatikan untuk mencegah timbulnya goresan pada kaca. Jika Anda dapat melihat bayangan dengan jelas pada permukaan kaca, berarti tempered glass tersebut sudah bersih.
6. Keringkan permukaan tempered glass
Sebelum HP kembali digunakan, pastikan terlebih dahulu bahwa permukaan tempered glass sudah kering. Jika masih licin, keringkan permukaan tersebut dengan kain berbahan microfiber atau tisu kertas yang bebas dari serat. Usap layar tempered glass dengan gerakan melingkar agar layar kering sempurna.
(AAA)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·