5 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dengan Bahan Alami

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
29 Januari 2024 20:12 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Terdapat berbagai cara untuk menghilangkan bekas luka di wajah. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Terdapat berbagai cara untuk menghilangkan bekas luka di wajah. Foto: Pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bekas luka di wajah merupakan masalah pada kulit yang bisa membuat seseorang tidak percaya diri. Untungnya, ada beberapa cara menghilangkan bekas luka di wajah yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah ini.
ADVERTISEMENT
Bekas luka di wajah bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti jerawat, peradangan, pembedahan, luka bakar, maupun cedera fisik yang bisa merusak jaringan kulit. Cara menghilangkan bekas luka ini pun berbeda-beda, tergantung penyebab dan tingkat keparahannya.
Tidak melulu dengan bahan kimiawi, bekas luka juga bisa dihilangkan dengan cara alami. Apa saja cara tersebut? Simak tipsnya di bawah ini.

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah

Bekas luka di wajah bisa ditangani dengan bahan-bahan alami. Foto: Pexels.com
Dikutip dari Healthline, ada banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi tampilan bekas luka di wajah. Berikut cara menghilangkan bekas luka di wajah menggunakan bahan-bahan alami tersebut:

1. Lidah Buaya

Menurut Unifit Indonesia dalam buku 365 Tips for Woman, lidah buaya merupakan bahan alami yang bisa membantu untuk menyamarkan bekas luka di wajah akibat luka bakar maupun peradangan.
ADVERTISEMENT
Berikut cara yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan lidah buaya dalam mengatasi masalah ini:

2. Madu

Madu termasuk salah satu bahan alami dengan sifat antiinfalamasi yang bisa mempercepat penyembuhan bekas luka pada kulit. Adapun cara mengurangi bekas luka di wajah menggunakan madu adalah sebagai berikut:
ADVERTISEMENT

3. Cuka Apel

Salah satu cara menghilangkan bekas luka di wajah adalah menggunakan cuka apel. Foto: Pexels.com
Cuka apel adalah bahan alami yang terkenal karena khasiatnya bagi kulit, termasuk dalam menyamarkan bekas luka di wajah. Menurut Ade Aprillia dalam buku The Natural Beauty Solution, berikut cara untuk menggunakan cuka apel dengan tepat di kulit:

4. Kentang

Jika bekas luka di wajah disebabkan oleh luka bakar, kentang adalah bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah ini. Berikut langkah-langkahnya:
ADVERTISEMENT

5. Minyak Kelapa

Disadur dari buku Dahsyatnya VCO: Gempur COVID-19 & Penyakit Lainnya oleh Mawardin M. Simpala, S.T.P, M.Sc, minyak kelapa adalah bahan alami yang bisa mengatasi masalah luka ringan hingga keloid pada kulit.
Untuk menghilangkan bekas luka di wajah menggunakan minyak kelapa, ikuti langkah-langkah berikut ini:
Demikian beberapa cara untuk menghilangkan bekas luka di wajah dengan bahan alami. Perlu diingat bahwa cara-cara tersebut membutuhkan waktu yang lama untuk benar-benar menghilangkan bekas luka di wajah.
ADVERTISEMENT
Apabila menginginkan proses yang cepat, pertimbangkan beberapa perawatan medis, seperti laser hingga derma fillers untuk mengatasi masalah tersebut. Jangan lupa untuk konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu guna mendapatkan perawatan yang tepat dalam mengatasi masalah bekas luka di wajah yang dimiliki.
(SAI)