kumparan
KONTEN PENGGUNA
11 Februari 2020 17:38

5 Fakta Joaquin Phoenix, Pemenang Best Leading Actor Oscar 2020

joaquin-phoenix-2020-oscars-gettyimages-1205182838.jpg
Ilustrasi Joaquin Phoenix Foto: Jeff Kravitz
Joaquin Phoenix yang lahir di San Juan, Puerto Rico, Amerika Serikat, memenangkan Best Leading Actor Oscar 2020 lewat perannya sebagai Joker. Menampilkan sisi ‘mental ilness’ yang memukau, Joaquin mampu memerankan pengidap Skizofrenia dengan apik.
ADVERTISEMENT
Tambil sebagai bintang dalam film Joker menuntut aktor 46 tahun ini untuk tampil maksimal. Bukan hanya karena ekspektasi penonton terhadap sosok Joker sebelumnya (Heath Ledger), tapi juga karena salah satu karakter dalam DC Comics ini sangat ikonik dan sulit untuk diperankan.
Berikut beberapa fakta Joaquin Phoenix pemeran Joker pemenang Best Leading Actor Oscar 2020 yang telah dirangkum.

30 judul film

Joaquin Phoenix berperan di lebih dari 30 film sepanjang kariernya. Ia memulai karier di usia 12 tahun pada 1986 dengan membintangi SpaceCamp bersama Lea Thomson dan Tate Donovan.
Karier Phoenix mulai mencuri perhatian ketika dia berperan sebagai Commodus di film Gladiator (2000). Karena perannya tersebut, Phoenix berhasil masuk sebagai nominasi Best Supporting Actor dalam Academy Awards 2001.
ADVERTISEMENT
Selain Joker, Phoenix juga tampil memukau di beberapa film. Mulai dari Gladiator (2000) , Walk The Line (2005), The Signs (2002), Her (2013), hingga You Ware Never Really Here (2017) yang membawa nya memenangkan Cannes Film Festival untuk Best Actor.

Penuh Prestasi

Sebelum melambung dengan Joker, Phoenix sudah banyak hilir mudik dalam penghargaan film bergengsi. Di antara nya adalah berada dalam 2 film yang dinominasikan untuk piala Oscar Best Picture: Gladiator (2000) dan Her (2013).
Phoenix juga menjadi aktor keempat yang masuk nominasi Academy Award untuk penampilannya dalam film adaptasi komik.

Totalitas Menjiwai Joker

Berperan sebagai Joker, Phoenix menunjukan totalitasnya dalam berperan. Demi mendalami karakter Joker, ia mempelajari perilaku orang-orang dengan gejala epilepsi untuk bisa mendapatkan tawa unik yang diisi dengan penderitaan dan ketakutan.
ADVERTISEMENT
Selain itu, kekasih Rooney Mara tersebut juga menurunkan berat badannya hingga 45 pounds atau setara dengan 20 kg untuk menampilkan sisi Joker sebagai seorang yang terbuang dan terasingkan.

Bersahabat dengan Heath Ledger

Dilansir dari Comicbook, Phoenix dan Ledger adalah teman baik dalam kehidupan nyata. Saat Ledger memerankan Joker di film The Dark Knight, Phoenix dikabarkan turut memberikan dukungan.
Kebetulan, dua aktor pemeran Joker tersebut memulai karier Hollywood dan mencapai kesuksesan di era yang sama, yakni sekitar tahun 2000-an. Phoenix mendapat perhatian pertamanya dalam film Gladiator (2000).
Sedangkan Ledger mendapat pujian positif atas perannya dalam 10 Things I Hate About you. Ia juga bersahabat dengan Matt Damon, Vince Vaughn, dan Keanu Reeves.
ADVERTISEMENT

Bakat Lain Phoenix

Phoenix selain sebagai aktor juga memiliki bakat dalam seni musik. Selama berkarier Phoenix telah mengarahkan video musik untuk Ringside, She Wants Revenge, People in Planes, Arckid, Albert Hammond Jr., dan Pickup Silversun.
Phoenix juga menjabat sebagai salah satu produser eksekutif dalam sebuah acara televisi 4real. Dia juga terdaftar sebagai produser di film We One The Night.
(RDR)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan