5 Ice Breaking Seru yang Bisa Dilakukan di Kelas

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
7 Maret 2024 10:31 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi ice breaking seru yang bisa dilakukan di kelas. Foto: Pexels.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ice breaking seru yang bisa dilakukan di kelas. Foto: Pexels.
ADVERTISEMENT
Ice breaking merupakan salah satu cara untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan di kelas. Dalam dunia pendidikan, ice breaking termasuk dalam sarana pembelajaran interaktif.
ADVERTISEMENT
Maksud dari pembelajaran interaktif adalah strategi pembelajaran yang dilaksanakan dengan cara melibatkan siswa selama kegiatan belajar mengajar. Beberapa ide ice breaking seru di bawah ini bisa dilakukan guru untuk meningkatkan minat belajar siswa.

5 Ice Breaking Seru yang Bisa Dilakukan di Kelas

Ilustrasi Ice Breaking Seru. Foto: Pexels.
Dikutip dari buku 12 Ice Breaking Kreatif di Kelas yang disusun oleh Hamid Sakti Wibowo (2023), ice breaking adalah serangkaian aktivitas atau permainan yang dirancang untuk memecah kebekuan dan membangun iklim positif di kelas.
Tak hanya membuat suasana belajar menyenangkan, ice breaking juga mampu meningkatkan semangat belajar dan kepercayaan diri siswa. Dampaknya, para siswa jadi lebih berani untuk bertanya, mengemukakan pendapat, dan berdiskusi di kelas.
Berikut 5 ide ice breaking seru yang dihimpun dari buku Variasi Permainan Pembelajaran, Metode, dan Ice Breaking oleh Tri Tias (2021).
ADVERTISEMENT

1. Tebak kata dengan gaya

Aktivitas game ini dapat dilakukan dengan meminta seorang siswa memperagakan suatu kata dengan gaya atau gerakan. Sementara siswa yang lain bertugas untuk menebaknya. Kata yang diberikan bisa dikaitkan dengan materi pelajaran yang sedang dibahas.

2. Sambung ayat Al-Quran

Ice breaking ini dapat dilakukan oleh guru Agama Islam. Selain membuat suasana kelas menyenangkan, aktivitas ini juga cukup produktif karena mengajak siswa menghapal Al-Quran secara tidak langsung.
Cara melakukan ice breaking sambung ayat juga cukup mudah. Guru bisa membaca ayat pertama surat pendek dan meminta siswa yang ditunjuk melanjutkannya. Siswa yang berhasil menyambung ayat dengan benar dapat diberikan hadiah untuk meningkatkan motivasi dan semangat belajar mereka.

3. Darat-Laut

Ice breaking darat laut udara dilakukan dengan menyebutkan nama-nama hewan yang hidup di darat dan laut secara cepat. Siswa yang salah menyebutkan nama hewan diminta maju ke depan kelas untuk menjawab soal tertentu.
ADVERTISEMENT

4. Senam wajah dan pinggul

Aktivitas ice breaking ini dapat dilakukan di sela-sela pelajaran. Selain dapat mengusir kantuk, gerakan senam dapat mengembalikan fokus sehingga siswa lebih mudah menangkap materi yang disampaikan.

5. Yel-yel

Ice breaking yel-yel juga bisa dilakukan untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Guru bisa memodifikasi lagu yang sedang populer dengan materi pelajaran. Misalnya, yel-yel tentang unsur kimia atau lagu tentang anatomi tubuh manusia.
Selain menyenangkan, ice breaking ini juga membantu siswa dalam menghapalkan materi pelajaran.
Itulah beberapa ide ice breaking yang dapat diterapkan guru sebagai upaya menciptakan pembelajaran interaktif di kelas. Semoga bermanfaat!
(GLW)