News
·
16 Juni 2020 8:10

5 Insiden Pesawat Jatuh Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
5 Insiden Pesawat Jatuh Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah (137254)
Ilustrasi pesawat jatuh Foto: Shutter Stock
Beberapa kecelakaan pesawat jatuh yang dianggap paling mengerikan tercatat dalam sejarah. Insiden pesawat jatuh dapat terjadi kapan saja dan bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari kesalahan teknis hingga ledakan bom dan serangan teroris.
ADVERTISEMENT
Pesawat jatuh ini tidak hanya berdampak pada kerugian materi, namun juga jiwa manusia yang ikut terampas. Berikut 5 insiden pesawat jatuh paling mengerikan sepanjang sejarah.

1. Air Africa (1996)

Kecelakaan Air Africa ini terjadi di Kinshasa, Kongo. Kecelakaan ini memakan korban hingga 350 orang, namun hanya 66 jenazah yang berhasil teridentifikasi.
Pesawat tersebut melakukan lepas landas secara ilegal. Hal tersebut dikarenakan Air Africa tidak memiliki izin yang dibutuhkan untuk mengoperasikan penerbangan.

2. Air India (1985)

Air India Flight 182 mengalami kecelakaan saat tengah melakukan perjalanan rute Kanada-London kemudian Inggris-Delhi. Kejadian tersebut bertempat diantara kota London dan Montreal.
Kecelakaan ini terjadi pada tanggal 23 Juni 1985 dan disebabkan oleh sebuah bom yang meledak di pesawat. Bom tersebut diduga dipasang oleh sebuah anggota militant Sikh. Akibat bom tersebut, pesawat Air India ini jatuh di samudra Atlantic, tepi pantai Irlandia.
ADVERTISEMENT

3. Turkish Airlines (1974)

Kecelakaan pesawat Turkish Airlines Flight 981 jatuh di luar kota Paris pada Maret 1974. Insiden ini diindikasikan terjadi akibat kargo belakang pesawat yang mendadak meledak.
Menurut investigasi, ledakan pada kargo membuat pesawat mengalami dekompresi, memutus sejumlah kabel, kemudian membuat pilot kehilangan kendali pesawat. Akibat kejadian ini.

4. Malaysia Airlines (2014)

Kecelakaan ini belum lama terjadi. Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH17 jatuh secara misterius di Donetsk, Ukrania.
Setelah diselidiki selama bertahun-tahun, para penyelidik mengatakan bahwa militer Rusia bertanggung jawab atas kejadian tersebut karena ketengangan antara negaranya dengan Ukrania. Tidak ada yang selamat dalam peristiwa ini dan sebanyak 298 dikabarkan tewas.

5. Peristiwa 9/11

Kecelakaan pesawat di New York, Amerika Serikat ini terjadi pada tanggal 11 September 2001. Insiden ini mencetak sejarah kecelakaan mengerikan pesawat terbang.
ADVERTISEMENT
Kecelakaan ini melibatkan 4 pesawat terbang sekaligus, yakni dua pesawat 767 dari Boston, satu pesawat 757 dari Washington, dan satu pesawat 757 dari Newark. Dikabarkan kecelakaan tersebut terjadi akibat pembajakan sekelompok teroris yang menyebut diri mereka Al-Qaeda.
Keempat pesawat tersebut menabrak gedung World Trade Center (WTC) di New York, AS. Akibatnya, gedung WTC terjadi kebakaran hebat dan runtuh. Lebih dari 2.700 korban akibat kejadian ini.
(AYA)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white