5 Manfaat Push Up bagi Kesehatan Tubuh

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
6 Maret 2023 13:30 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi manfaat push up  (Pexels).
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi manfaat push up (Pexels).
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Push up adalah salah satu gerakan yang populer dalam olahraga. Sebab, ada banyak manfaat push up yang bisa didapatkan apabila dilakukan secara benar dan rutin.
ADVERTISEMENT
Gerakan ini juga merupakan salah satu olahraga yang murah karena tak perlu biaya atau alat bantu untuk melakukannya. Setiap orang bisa dengan mudah melakukan push up di rumah.
Apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari push up? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Jenis-Jenis Gerakan Push Up

Ilustrasi manfaat push up (Pexels).
Gerakan push up yang umum diketahui yakni dengan posisi tengkurap. Namun ternyata ada banyak jenis gerakan push up yang bisa dipraktikkan.
Adi D. Tilong dalam buku Rahasia Kedahsyatan Fungsi Seksual menyebut setidaknya ada tiga jenis gerakan yang dibagi berdasarkan tingkat kesulitannya.
Pertama yaitu push up di dinding yang cocok untuk pemula atau beginner. Cara mudah, cukup letakkan kedua telapak tangan ke dinding lalu bengkokkan lengan secara berulang seperti ketika melakukan gerakan push-up biasa.
ADVERTISEMENT
Apabila sudah mulai terbiasa, coba mulai berikan tekanan pada setiap gerakan dengan bergerak secara perlahan. Bahkan Anda bisa coba melakukannya dengan satu tangan.
Kedua, push up berlutut yang merupakan tingkat menengah. Cara melakukannya, posisikan tubuh seperti push up, tetapi tumpuannya dengan meletakkan lutut di lantai.
Kemudian, letakkan tangan sejajar dengan bahu dan pastikan ujung jari menghadap ke depan. Silangkan kaki saat membungkuk dan turunkan dada sampai sekitar 3 inci dari lantai, kemudian tekan kembali ke posisi awal.
Terakhir yaitu push up sempurna atau tingkat lanjut. Cara melakukannya hampir sama dengan tingkat menengah. Bedanya, lutut menjauhi lantai dan tumpuan berada pada ujung kaki.
Kemudian turunkan dada sampai sekitar 3 inci dari lantai dan tekan kembali ke posisi awal. Pertahankan agar punggung selalu lurus dan tidak menekuk.
ADVERTISEMENT

5 Manfaat Push Up bagi Kesehatan Tubuh

Ilustrasi manfaat push up (Pexels).
Salah satu alasan push up wajib masuk dalam rutinitas olahraga karena memiliki banyak manfaat. Berikut lima manfaatnya bagi kesehatan yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Melatih banyak otot

Mengutip laman GoodRx Health, push up tidak hanya bermanfaat bagi dada dan lengan, melainkan ada beberapa otot yang ikut ‘bekerja’ saat seseorang melakukan push up dengan benar.
Otot-otot yang dilatih dalam push up yaitu pectoral pada dada, deltoid pada bahu, trisep dan bisep pada lengan, latissimus dorsi dan erector spinae pada punggung, abdominal atau perut, dan gluteal pada pinggul.

2. Meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas

Masih dari sumber yang sama, salah satu cara terbaik memperkuat bagian tubuh atas adalah melakukan push up. Dengan gerakan ini, otot-otot tubuh pada bagian atas akan mengencang sehingga lebih mudah melakukan aktivitas sehari-hari.
ADVERTISEMENT

3. Menjaga kesehatan tulang

Selain memperkuat otot, push up juga mampu memperkuat tulang manusia. Mengutip sumber yang sama, push up dapat menjaga kesehatan tulang dengan membentuk kepadatan tulang.
Tingkat kepadatan tulang ini sangat penting bagi kesehatan. Sebab, semakin rendah kepadatan tulang manusia, semakin tinggi risiko terserang penyakit seperti patah tulang dan osteoporosis.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Olahraga teratur, termasuk melakukan latihan kekuatan seperti push up dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Mengutip laman Byrdie, masalah lain seperti serangan jantung dan gagal jantung juga dapat terbantu dengan gerakan olahraga satu ini.
Sebab menurut studi yang diterbitkan JAMA Network (2019), laki-laki yang bisa melakukan 40 push up dalam waktu kurang dari 30 detik memiliki risiko masalah jantung lebih rendah dibanding mereka yang hanya bisa melakukan 10 push up atau kurang dari itu dalam waktu yang sama.
ADVERTISEMENT

5. Memperbaiki postur tubuh

Masih dari sumber yang sama, manfaat lainnya dari push up adalah dapat membantu membentuk postur tubuh yang baik. Namun dengan catatan, manfaat ini hanya bisa didapatkan apabila melakukan gerakan push up dengan benar.
(NSA).