5 Manfaat Sholat Tahajud 40 Hari Berturut-turut

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
13 September 2021 15:47
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
5 Manfaat Sholat Tahajud 40 Hari Berturut-turut (13500)
searchPerbesar
Manfaat Sholat Tahajud 40 Hari. Foto: Pixabay
Sholat tahajud adalah sebaik-baik sholat setelah sholat fardhu. Salah satu keutamaan sholat tahajud adalah dapat mengantarkan seseorang ke tempat terpuji.
ADVERTISEMENT
Betapa istimewanya sholat tahajud juga dijelaskan lewat firman Allah SWT dalam surat Al Isra ayat 79.
وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا
Artinya: "Dan pada sebagian malam hari bersholat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji." (QS. Al-Isra: 79)
Melansir buku Sholat Tahajud & Kebahagiaan oleh Abd. Muqit, sholat tahajud sebaiknya dikerjakan setelah tidur dengan waktu paling utama di sepertiga malam yang terakhir. Maksud dari sepertiga malam terakhir adalah selepas tengah malam hingga masuknya waktu subuh.
Ada banyak manfaat yang bisa didapat jika mengerjakan sholat tahajud, bahkan jika dilakukan selama 40 hari berturut-turut. Apa saja?

Manfaat Sholat Tahajud 40 Hari

5 Manfaat Sholat Tahajud 40 Hari Berturut-turut (13501)
searchPerbesar
Manfaat Sholat Tahajud 40 Hari. Foto: Pixabay
Mengutip buku Dahsyatnya Tahajud, Subuh, & Dhuha oleh Adnan Tarsyah, sebenarnya sholat tahajud tidak harus dikerjakan selama 40 hari. Namun, 40 hari adalah waktu yang dibutuhkan untuk mencapai sebuah kematangan dalam beribadah dan lainnya.
ADVERTISEMENT
Angka 40 juga berkaitkan dengan usia para Nabi saat mereka di angkat sebagai utusan Allah. Sebagaimana dikutip dari Tafsir Fathul Qadir oleh Imam as-Syaukani berikut ini:
Imam as-Syaukani rahimahullah berkata, "Para ahli tafsir berkata bahwa Allah Ta'ala tidak mengutus seorang Nabi kecuali jika telah mencapai umur 40 tahun."
Berikut adalah manfaat sholat tahajud bila dilakukan selama 40 hari berturut-turut berdasarkan buku Indahnya Tahajud oleh Yunus Hanis Syam.
1. Dikabulkannya Doa
Jika menunaikan sholat tahajud berturut-turut selama 40 hari, Allah akan mengabulkan doa-doa tersebut. Hal ini berdasarkan hadist yang diriwayatkan Bukrahi:
"Rasulullah bersabda: Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari).
ADVERTISEMENT
2. Amalan yang akan membantu di akhirat
Orang yang senantiasa melakukan sholat tahajud akan mendapatkan sebuah balasan yang setimpal dari Allah SWT di akhirat nanti. Sebagaimana tertuang dalam firman Allah SWT berikut ini yang artinya:
Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah SWT berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka telah berbuat baik (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah.” (QS. Az Zariyat: 15-18).
3. Jembatan untuk masuk surga
Sholat tahajud juga bisa menjadi sebuah jembatan untuk masuk surga bagi yang mengerjakannya dengan istiqomah.
Rasulullah bersabda: ‘Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, dan bagikanlah makanan serta sambunglah silaturahmi dan tegakkan lah sholat malam saat manusia yang lain sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.’” (HR. Ibnu Majah).
ADVERTISEMENT
4. Menghapus dan Pencegah Dosa
Keistimewaan sholat tahajud diberikan kepada orang yang mau dan mampu melaksanakannya dengan penuh niat dan keikhlasan. Manfaat selanjutnya dari sholat tahajud adalah dapat menghapus dosa-dosa yang telah diperbuat.
Dengan sholat tahajud, umat Muslim akan selalu mengingat Allah setiap malam. Seorang Muslim pun akan merasa terawasi dan mencegahnya untuk berbuat dosa kembali.
5. Pikiran Jadi Tenang dan Segar
Ketika bangun untuk melakukan sholat tahajud di sepertiga malam, maka pikiran akan terasa jernih dan segar. Pada saat itu adalah waktu yang tepat untuk menyegarkan pikiran sehingga perasaan pun merasa lebih tenang.
(NDA)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020