Tekno & Sains
·
8 Mei 2020 15:23

5 Minuman yang Ampuh untuk Atasi Asam Lambung

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
5 Minuman yang Ampuh untuk Atasi Asam Lambung  (95377)
searchPerbesar
Ilustrasi asam lambung. Foto: Shutterstock
Asam lambung bisa menjadi penyakit yang muncul saat seseorang sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Penyebabnya bisa karena tak menjaga asupan makanan saat berbuka puasa atau sahur.
ADVERTISEMENT
Penyakit asam lambung bisa diminimalisir saat sedang menjalani ibadah puasa. Terdapat sejumlah jenis minuman yang mampu mengatasi asam lambung.
Berikut ini beberapa minuman alami yang baik untuk mengatasi asam lambung.

Susu Almond

5 Minuman yang Ampuh untuk Atasi Asam Lambung  (95378)
searchPerbesar
Ilustrasi susu almond. Foto: Pixabay
Susu almond mengandung komposisi alkalin yang mampu menetralisir asam pada perut dan meredakan gejala asam lambung. Maka dari itu, bagi orang yang memiliki intoleransi terhadap laktosa akibat susu sapi, sebaiknya memilih susu almond untuk meredakannya. Selain almond, susu kedelai juga bisa jadi alternatif lainnya yang aman bagi penderita asam lambung.

Teh Herbal

5 Minuman yang Ampuh untuk Atasi Asam Lambung  (95379)
searchPerbesar
Ilustrasi teh chamomile. Foto: Pixabay
Teh herbal menjadi minuman lain yang mampu mengatasi asam lambung. Khasiat minuman ini membantu memperlancar sistem pencernaan dan meredakan rasa mual saat asam lambung terjadi.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, tidak semua jenis teh herbal boleh dikonsumsi. Pilihlah teh herbal yang bebas kafein seperti chamomile dan licorice. Keduanya dapat meningkatkan lapisan lendir di esofagus, sehingga terlindungi dari iritasi akibat asam lambung.

Jahe Hangat

5 Minuman yang Ampuh untuk Atasi Asam Lambung  (95380)
searchPerbesar
Ilustrasi jahe hangat. Foto: Shutterstock
Memiliki efek gastroprotektif, jahe dapat menghambat asam dan menekan bakteri helicobacter pylori. Bahkan, jahe juga mampu merangsang produksi air liur dan membersihkan asam yang berada di kerongkongan.
Selain itu, kandungan fenol di dalam jahe juga berperan sebagai antioksidan serta anti-inflamasi yang membantu mengurangi dan menetralisir kadar asam lambung.

Air Kelapa

5 Minuman yang Ampuh untuk Atasi Asam Lambung  (95381)
searchPerbesar
Ilustrasi air kelapa. Foto: Shutterstock
Minuman alami lain yang dapat membantu penderita asam lambung adalah air kelapa. Dikenal kaya akan elektrolit seperti potasium, air kelapa mampu menyeimbangkan pH dalam tubuh sehingga produksi asam lambung pun dapat lebih terkendali.
ADVERTISEMENT
Selain itu, air kelapa mengandung kalium yang bermanfaat untuk menetralisir asam lambung yang berlebihan dengan meningkatkan asam dalam tubuh menjadi basa.

Jus Lidah Buaya

5 Minuman yang Ampuh untuk Atasi Asam Lambung  (95382)
searchPerbesar
Ilustrasi lidah buaya. Foto: Thinkstock
Jus lidah buaya juga dapat menjadi minuman alami untuk meredakan gejala asam lambung. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian Journal of Traditional Chinese Medicine tahun 2015 silam.
Bahkan, dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa jus lidah buaya tidak membuat efek samping tertentu bagi penderitanya. Para peneliti juga menyimpulkan bahwa cara kerja lidah buaya adalah dengan mengurangi produksi asam dan sebagai agen anti-inflamasi.
(Rav)