News
·
17 April 2021 16:29

5 Negara dengan Durasi Puasa Tersingkat di Dunia, dari Argentina hingga Chili

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
5 Negara dengan Durasi Puasa Tersingkat di Dunia, dari Argentina hingga Chili (434106)
Ilustrasi Australia Foto: Unsplash
Puasa menjadi salah satu bentuk ibadah yang dilakukan umat Muslim di bulan suci Ramadhan. Ibadah ini dilakukan selama satu bulan penuh. Tahun ini, ibadah puasa berlangsung mulai dari 13 April 2021 hingga 12 Mei 2021.
ADVERTISEMENT
Mengutip situs NU Online, puasa Ramadhan dilangsungkan dengan menahan haus, lapar, dan menghindari perbuatan yang bisa membatalkan puasa, sejak fajar terbit sampai terbenamnya matahari.
Pada dasarnya, setiap wilayah memiliki durasi puasa yang berbeda-beda. Ada beberapa negara yang memiliki durasi puasa yang panjang. Namun, ada juga negara dengan durasi yang lebih singkat.
Biasanya, negara yang berada di bagian bumi selatan mengalami siang hari yang lebih singkat daripada bagian utara. Sehingga, durasi puasa di tempat tersebut cenderung lebih pendek.
Berikut adalah 5 negara dengan durasi puasa tersingkat di dunia.

5 Negara dengan Durasi Puasa Tersingkat

Selandia Baru
5 Negara dengan Durasi Puasa Tersingkat di Dunia, dari Argentina hingga Chili (434107)
Ilustrasi New Zealand Foto: Unsplash
Selandia Baru termasuk dalam jajaran negara dengan durasi puasa tersingkat di dunia. Mengutip situs The National News, durasi puasa di Selandia baru berkisar dari 11-12 jam. Hari pertama puasa cenderung lebih lama dibandingkan hari terakhir puasa.
ADVERTISEMENT
Argentina
5 Negara dengan Durasi Puasa Tersingkat di Dunia, dari Argentina hingga Chili (434108)
Ilustrasi Argentina Foto: Unsplash
Seperti Selandia Baru, Argentina juga mempunyai waktu puasa yang tergolong singkat. Durasi puasa di Negeri Tango tersebut adalah 11-12 jam.
Afrika Selatan
5 Negara dengan Durasi Puasa Tersingkat di Dunia, dari Argentina hingga Chili (434109)
Ilustrasi Afrika selatan Foto: Unsplash
Penduduk Muslim yang berada di Afrika Selatan mengalami durasi puasa yang tergolong singkat. Mereka hanya berpuasa selama 11,5-12 jam.
Australia
5 Negara dengan Durasi Puasa Tersingkat di Dunia, dari Argentina hingga Chili (434110)
Ilustrasi Australia Foto: Unsplash
Waktu siang hari di Australia cenderung lebih panjang dibanding malam hari. Sehingga durasi puasa mereka cukup singkat, yaitu 11,5-12 jam.
Chili
5 Negara dengan Durasi Puasa Tersingkat di Dunia, dari Argentina hingga Chili (434111)
Ilustrasi Chile Foto: Unsplash
Mengutip situs Gulf News, umat Muslim yang tinggal di Chili akan mengalami waktu malam yang lebih panjang dibanding siang. Ini membuat durasi puasa mereka lebih singkat dari negara lain, yakni sekitar 12 jam 41 menit.
(GTT)