News
·
9 April 2021 15:30

5 Rekomendasi Barang Seserahan Pernikahan yang Bermanfaat

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
5 Rekomendasi Barang Seserahan Pernikahan yang Bermanfaat (329114)
Ilustrasi seserahan pernikahan. Foto: Instagram/seserahan_id
Sebelum melangsungkan pernikahan, ada tradisi di mana pihak calon mempelai pria membawa seserahan. Berbeda dengan mahar yang hukumnya wajib, seserahan merupakan kebiasaan masyarakat yang menjadi simbol kemampuan calon mempelai pria dalam memenuhi kebutuhan hidup mempelai perempuan.
ADVERTISEMENT
Dalam buku Let’s Get Married Panduan Lengkap Menuju Resepsi Pernikahan oleh Liza Zakaria dkk, dulu, jumlah barang seserahan dapat menunjukkan tingkat sosial keluarga pengantin pria. Semakin banyak seserahan yang dibawa, membuktikan bahwa keluarga pengantin pria berasal dari kalangan berada dan terpandang.
Namun, saat ini pemilihan barang seserahan umumnya disesuaikan atas kesepakatan bersama. Bahkan, seringkali pihak wanitalah yang meminta dan memilih sendiri barang-barang yang akan dibawa sebagai seserahan pernikahan sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya.
Biasanya, seserahan pernikahan mengandung doa dan makna tersendiri untuk kesejahteraan kedua calon mempelai saat sudah membangun rumah tangga nanti. Di samping itu, barang-barang tersebut juga tetap harus bermanfaat sehingga tetap berguna nantinya.
Nah, bagi pasangan calon mempelai pengantin yang masih bingung, berikut rekomendasi barang seserahan pernikahan yang bermanfaat.
ADVERTISEMENT

Al Quran dan Perlengkapan Ibadah

5 Rekomendasi Barang Seserahan Pernikahan yang Bermanfaat (329115)
Ilustrasi seserahan pernikahan berupa Al Quran dan perlengkapan ibadah. Foto: Instagram/seserahan_id
Barang pertama yang paling umum dan wajib ada di dalam daftar seserahan pasangan Muslim adalah Al Quran dan perlengkapan ibadah, seperti mukena, sajadah, dan tasbih. Barang-barang tersebut bisa menjadi simbol bahwa pernikahan harus dijalankan berdasarkan nilai-nilai agama. Selain itu, Al Quran dan perlengkapan ibadah bisa digunakan mereka saat menunaikan ibadah bersama-sama.

Make Up dan Skin Care

5 Rekomendasi Barang Seserahan Pernikahan yang Bermanfaat (329116)
Ilustrasi seserahan pernikahan berupa make up dan skin care. Foto: Instagram/seserahan_id
Make up dan skin care dapat dimasukan ke dalam daftar seserahan pernikahan. Itu agar setelah menikah, pengantin perempuan dapat menjaga penampilan dan kecantikannya di depan pasangannya.

Perlengkapan Mandi

5 Rekomendasi Barang Seserahan Pernikahan yang Bermanfaat (329117)
Ilustrasi seserahan pernikahan berupa perlengkapan mandi. Foto: Instagram/seserahan_id
Perlengkapan mandi ini biasanya terdiri dari shampoo, sabun mandi, body scrub, body lotion, ataupun handuk. Sebaiknya, merek perlengkapan mandi ini sudah disesuaikan dengan yang biasa digunakan oleh sang mempelai wanita sehingga benar-benar bisa dipakai.
ADVERTISEMENT

Pakaian

5 Rekomendasi Barang Seserahan Pernikahan yang Bermanfaat (329118)
Ilustrasi seserahan pernikahan berupa pakaian. Foto: Instagram/seserahan_id
Pakaian yang diberikan bisa dari berbagai macam jenis, mulai dari pakaian kerja, pakaian santai, pakaian tidur, sampai pakaian dalam. Yang penting, usahakan memilih jenis pakaian yang akan sering dipakai oleh pengantin wanita dalam menjalani aktivitas sehari-harinya. Dengan begitu, si wanita akan senantiasa mengingat suaminya saat mengenakan pakaian tersebut.

Perhiasan

5 Rekomendasi Barang Seserahan Pernikahan yang Bermanfaat (329119)
Ilustrasi seserahan pernikahan berupa perhiasan. Foto: Instagram/seserahan_id
Perhiasan melambangkan harapan agar calon mempelai wanita tetap bersinar dan berkilau dalam menyambut dan menjalani status barunya sebagai istri dan ibu kelak. Seserahan pernikahan perhiasan ini bisa berupa gelang, kalung, cincin, atau perhiasan lainnya yang disukai calon mempelai perempuan.
(ADS)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white