News
·
10 Agustus 2020 15:12

5 Tokoh Proklamasi Indonesia Selain Soekarno dan Mohammad Hatta

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
5 Tokoh Proklamasi Indonesia Selain Soekarno dan Mohammad Hatta (239129)
Pembacaan Teks Proklamasi. Foto: Wikipedia
Dalam hitungan hari, masyarakat akan merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Peringatan ini menjadi momen untuk mengenang jasa para pahlawan yang berjuang melawan para penjajah. Perjuangan mereka yang membuat Indonesia bisa merdeka pada 17 Agustus 1945.
ADVERTISEMENT
Jika membahas tentang tokoh proklamasi Indonesia, yang terlintas sudah pasti nama Soekarno dan Mohammad Hatta. Faktanya, ada juga tokoh lainnya yang punya peran besar di balik proklamasi Indonesia. Bagi yang ingin mengetahuinya, simak penjelasan di bawah ini.

1. Sayuti Melik

5 Tokoh Proklamasi Indonesia Selain Soekarno dan Mohammad Hatta (239130)
Sayuti Melik. Foto: Wikipedia
Pria bernama lengkap Mohamad Ibnu Sayuti ini lahir pada 22 November 1908. Sayuti Melik merupakan salah satu tokoh proklamasi yang saat itu menjadi pengetik naskah proklamasi. Ia menyempurnakan naskah yang sebelumnya ditulis tangan oleh Ir. Soekarno.

2. Soekarni

5 Tokoh Proklamasi Indonesia Selain Soekarno dan Mohammad Hatta (239131)
Soekarni. Foto: Wikipedia
Soekarni Kartodiwirjo adalah salah satu tokoh pejuang dan pahlawan Indonesia. Pria yang lahir pada 14 Juli 1916 ini merupakan bagian dari golongan muda. Ia mengusulkan Seokarno dan Bung Hatta untuk menandatangani teks proklamasi. Bersama dengan para anggota golongan muda lainnya, Soekarni mendesak Soekarno dan Bung Hatta untuk mempercepat proklamasi kemerdekaan Indonesia.
ADVERTISEMENT

3. Achmad Soebardjo

5 Tokoh Proklamasi Indonesia Selain Soekarno dan Mohammad Hatta (239132)
Achmad Soebardjo. Foto: Wikipedia
Pria bernama lengkap Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo ini juga salah satu tokoh proklamasi Indonesia. Bersama dengan Soekarno dan Mohammad Hatta, ia mengonsepkan naskah proklamasi.
Ia juga berunding dengan anggota golongan muda, Wikana, mengenai waktu proklamasi kemerdekaan Indonesia. Pria kelahiran 23 Maret 1896 ini berhasil meyakinkan golongan muda untuk tidak terburu-buru untuk memproklamasikan kemerdekaan.

4. Sutan Syahrir

5 Tokoh Proklamasi Indonesia Selain Soekarno dan Mohammad Hatta (239133)
Sutan Syahrir. Foto: Wikipedia
Sutan Syahrir merupakan seorang politikus dan perdana menteri Indonesia. Ia lahir di Padang Panjang, 5 Maret 1909. Ia ditetapkan sebagai pahlawan nasional pada tahun 1966. Pada masa menjelang proklamasi, ia berperan sebagai pemimpin perlawanan bawah tanah untuk melawan dan menyerang Jepang.

5. Frans Mendur

5 Tokoh Proklamasi Indonesia Selain Soekarno dan Mohammad Hatta (239134)
Frans Mendur. Foto: Wikipedia
Mungkin belum banyak yang tahu siapa sosok di balik foto-foto saat proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan. Bersama dengan saudaranya, Alex Mundur, Frans yang mengabadikan momen penting tersebut.
ADVERTISEMENT
Pada 9 November 2009, Frans dan Alex Mendur menerima Bintang Jasa Utama, sebuah penghargaan yang diberikan kepada mereka yang berjasa luar biasa terhadap nusa dan bangsa di luar bidang militer.
(FEP)