6 Cara Mengusir Nyamuk di Kamar yang Ampuh

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
23 Januari 2024 9:11 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Nyamuk adalah hewan yang tidak diundang dan selalu muncul di manapun, termasuk kamar. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Nyamuk adalah hewan yang tidak diundang dan selalu muncul di manapun, termasuk kamar. Foto: Pexels.com
ADVERTISEMENT
Nyamuk adalah hewan yang tidak diundang dan selalu muncul di mana pun, termasuk kamar. Untungnya, terdapat beberapa cara mengusir nyamuk di kamar yang bisa dilakukan.
ADVERTISEMENT
Menurut KBBI, nyamuk merupakan jenis serangga bertubuh ramping dengan warna abu-abu gelap hingga hitam, sepasang sayap tanpa sisik, enam kaki panjang, dan mulut yang bisa mengisap darah mamalia. Nyamuk sendiri termasuk hewan yang sangat mengganggu.
Selain itu, nyamuk juga dikenal sebagai pembawa beberapa penyakit, seperti malaria dan demam berdarah. Oleh karena itu, penting untuk memahami cara mengusir nyamuk yang ampuh.

Cara Mengusir Nyamuk di Kamar

Penting untuk memahami cara mengusir nyamuk di kamar agar dapat terhindar dari bahaya nyamuk. Foto: Pexels.com
Dirangkum dari Buku Pintar Ibu Rumah Tangga oleh Nailul HD Rahmalia Agustina dan beberapa sumber lainnya, berikut adalah cara ampuh yang bisa dilakukan untuk mengusir nyamuk di kamar.

1. Gunakan Obat Anti-Nyamuk

Pilihan umum untuk mengusir nyamuk di kamar adalah dengan menggunakan obat nyamuk seperti obat nyamuk bakar, semprot, dan elektrik. Selain itu, memasang kelambu atau jaring anti-nyamuk di sekitar tempat tidur juga dapat efektif untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk.
ADVERTISEMENT

2. Mengoleskan Lotion Pengusir Nyamuk

Lotion anti-nyamuk dapat menjadi solusi yang praktis untuk menjaga nyamuk menjauh dari tubuh. Penting untuk membaca petunjuk pemakaian dengan teliti guna menghindari penggunaan produk ini secara berlebihan agar tidak menimbulkan efek samping.

3. Menggunakan Rendaman Kulit Nanas

Kulit nanas memiliki kandungan zat yang dapat mengusir nyamuk. Caranya, rendamlah kulit nanas dalam air dan letakkan di pojok kamar agar nyamuk tidak mudah mendekat. Jangan lupa untuk mengganti air secara berkala guna mempertahankan efektivitas kulit nanas dalam mengusir nyamuk di kamar.

4. Gunakan Kulit Jeruk

Kulit jeruk adalah bahan alami yang mengandung minyak yang memiliki sifat pengusir nyamuk. Cobalah untuk meletakkan kulit jeruk di tempat-tempat yang sering didatangi nyamuk, seperti sekitar jendela maupun area lembap di kamar. Sebagai alternatif, cobalah gosokkan kulit jeruk secara langsung di bagian tubuh agar nyamuk tidak mudah mendekat.
ADVERTISEMENT

5. Menggunakan Kipas Angin

Salah satu cara mengusir nyamuk di kamar adalah menggunakan kipas angin. Foto: Pexels.com
Mengutip dari buku Kewirausahaan karya Dr .Ir .Ahmad Tohardi,S.Pt., M.M. ,IPM, kipas listrik adalah salah satu solusi yang dapat membantu menghilangkan nyamuk. Pastikan untuk menyetel kipas pada kecepatan maksimum dan jangan lupa untuk menyemprotkan air ke depan kipas angin, sehingga nyamuk bisa keluar dari kamar.

6. Memanfaatkan Cairan Muriatic Acid

Menurut Hendri Agoes T dalam buku Memilih & Membuat Pakan Tepat untuk Koi, cairan pembusukan seperti permanganat kalium (Muriatic acid) dapat membunuh nyamuk. Namun, penggunaannya harus dilakukan dengan hati-hati karena dapat merusak sejumlah benda dalam kamar.
Cara menggunakan cairan ini adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh permanganat kalium ke dalam 1 liter air dan secara teratur menyemprotkan ke seluruh kamar.
ADVERTISEMENT
Selain mengikuti langkah-langkah di atas, beberapa langkah tambahan yang dapat membantu mengurangi keberadaan nyamuk di kamar antara lain menjaga kebersihan kamar, pastikan tidak ada genangan air di sekitar kamar, gunakan pengharum ruangan, serta jangan biarkan sampah menumpuk di kamar.
Dengan mencoba beberapa cara alami ini, keberadaan nyamuk di kamar dapat dicegah, sehingga lebih nyaman dan terlindungi.
(SAI)