6 Jenis Ikan Louhan yang Cocok Dipelihara di Rumah

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
4 Oktober 2022 9:03
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi jenis ikan louhan. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi jenis ikan louhan. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Louhan (flowerhorn) merupakan ikan hias hias terkenal yang diminati banyak orang karena bentuk dan warnanya yang unik. Jenis ikan louhan sangat beragam dan mempunyai ciri khasnya masing-masing.
ADVERTISEMENT
Mengutip buku Ragam Jenis Ikan Hias Air Tawar Populer karya Putra Indah, ikan louhan adalah spesies air tawar dengan ciri khas berupa benjolan besar di kepala dan warna sisik yang indah. Ikan ini termasuk ke dalam hewan hibrid hasil perkawinan silang dengan beberapa jenis cichlidae Amerika.
Selain karena bentuk dan warnanya yang indah, ikan louhan sangat mudah dirawat dan dikembangbiakkan. Ikan louhan juga dianggap sebagai pembawa keberuntungan. Oleh karena itu, banyak orang yang ingin memelihara ikan louhan.
Sebelum memutuskan untuk merawat ikan louhan, cari tahu dulu informasi mengenai jenis-jenis ikan louhan yang cocok untuk dipelihara dalam ulasan berikut ini.

Jenis Ikan Louhan yang Cocok Dipelihara di Rumah

Ilustrasi ikan louhan. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ikan louhan. Foto: Pexels
Harga ikan louhan cukup bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Perbedaan harga ini tergantung dari jenis ikan louhan yang Anda pilih. Diambil dari buku Teknik Budi Daya Ikan Hias karya Riza Rismawati, berikut adalah beberapa jenis ikan louhan.
ADVERTISEMENT

1. Ikan Louhan Cencu (Zhen Zhu)

Louhan cencu merupakan salah satu jenis ikan lokal dengan karakteristik pola bintik pada tubuhnya. Jenis louhan ini memiliki warna campuran merah dan kuning keemasan. Di Indonesia, ikan louhan cencu sangat digemari karena warnanya yang cantik.
Selain itu, ikan louhan cencu memiliki harga yang lumayan murah di pasaran, hanya sekitar Rp 200 ribu per ekor untuk ukuran anakan. Sementara untuk ukuran dewasa mencapai Rp 750 ribu per ekornya.

2. Ikan Lohan Bonsai

Seperti namanya, ikan louhan ini mempunyai bentuk tubuh bonsai. Louhan bonsai memiliki kelainan genetik yang tidak dimiliki louhan jenis lainnya. Walaupun sudah dewasa, tubuh ikan ini tidak akan bertambah besar.
Ciri khas dari ikan louhan bonsai adalah benjolan besar di kepala yang terdiri dari berbagai macam warna, seperti merah, silver, kuning, hijau, dan putih. Ikan ini sangat agresif dan aktif bergerak di akuarium.
ADVERTISEMENT
Harga ikan louhan bonsai sedikit lebih mahal dibandingkan louhan cencu. Satu ikan louhan bonsai anakan dijual mulai dari Rp 250 per ekor, sedangkan ukuran dewasa dijual mulai dari Rp 800 ribu per ekornya.
Ilustrasi harga ikan louhan bonsai. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi harga ikan louhan bonsai. Foto: Pexels

3. Ikan Louhan SRD (Super Red Dragon)

Ikan louhan SRD atau Super Red Dragon merupakan salah satu jenis yang banyak dicari. Benjolan kepala ikan louhan Super Red Dragon lebih besar daripada jenis ikan louhan pada umumnya.
Ciri khas lain dari jenis louhan ini adalah perpaduan dua warna tubuh yang berbeda. Tonjolan dan kepala ikan louhan Super Red Dragon kebanyakan berwarna merah tua, sementara bagian tengah tubuh hingga ekornya berwarna merah muda dan silver.
Harga ikan louhan Super Red Dragon ukuran anakan dijual sekitar Rp 400 ribu, sedangkan louhan Super Red Dragon dewasa bisa mencapai Rp 3 juta rupiah per ekornya.
ADVERTISEMENT

4. Ikan Louhan Kemalau (Golden Monkey)

Ikan louhan kemalau memiliki dua bagian warna tubuh berbeda. Pada umumnya, bagian kepala dan benjolannya berwarna merah, sementara bagian tengah tubuh hingga ekornya berwarna merah kekuningan.
Jenis ikan louhan ini juga mempunyai karakteristik berupa corak bintik kuning dari kepala hingga ujung ekor. Tonjolan di dahi louhan ini belum terlihat saat usianya masih kecil dan akan muncul seiring pertumbuhannya.
Harga satu ekor anakan ikan louhan kemalau dijual mulai dari Rp 150 ribu, sedangkan untuk ukuran dewasa dijual seharga Rp 600 ribu rupiah.

5. Ikan Louhan Kamfa

Ikan louhan kamfa sudah cukup lama dibudidayakan di Indonesia, sehingga termasuk ke dalam jenis ikan lokal. Ciri khas ikan louhan kamfa adalah tubuh yang memiliki corak warna merah cerah dan bintik-bintik silver dari kepala hingga ujung ekor.
ADVERTISEMENT
Selain itu, ikan louhan kamfa juga mempunyai bintik hitam horizontal yang lebih rapi dibanding jenis louhan lainnya. Meski agak mirip dengan ikan louhan cencu, pipi ikan louhan kamfa jauh lebih besar.
Harga ikan louhan kamfa ukuran anakan dijual dengan harga sekitar Rp 850 ribu per ekor, sementara ukuran dewasanya dijual hingga Rp 3,5 juta rupiah per ekornya.

6. Ikan Louhan Golden Base

Louhan golden base tidak kalah menawan dibanding dengan jenis louhan lainnya. Ciri khas dari ikan ini adalah tubuhnya yang berwarna merah keemasan dan cenderung tanpa corak bintik pada bagian tubuhnya.
Pada fase tertentu, ikan louhan golden base akan kehilangan seluruh warnanya dan hanya berwarna hitam gelap. Selang beberapa waktu kemudian, warna hitam tersebut akan memudar dan berubah kembali menjadi kuning keemasan.
ADVERTISEMENT
Ikan louhan golden base sangat diminati banyak orang karena keunikannya, sehingga harga ikan ini jauh lebih mahal dari louhan jenis lain. Satu ekor louhan golden base dijual sekitar Rp 2 juta rupiah per ekornya.
Ikan louhan termasuk jenis ikan apa?
chevron-down
Seperti apa bentuk ikan louhan bonsai?
chevron-down
Berapa harga ikan louhan super red dragon?
chevron-down
(AAA)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020