6 Khasiat Ketumbar untuk Pria, Salah Satunya Meningkatkan Gairah Seksual

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
13 Mei 2022 18:00
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
6 Khasiat Ketumbar untuk Pria, Salah Satunya Meningkatkan Gairah Seksual (152194)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi khasiat ketumbar untuk pria. Foto: Unsplash
Masyarakat Indonesia mengenal ketumbar sebagai salah satu rempah-rempah yang sering digunakan dalam berbagai makanan khas nusantara. Selain melezatkan makanan, ketumbar juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.
ADVERTISEMENT
Mengutip buku Bumbu, Penyedap, dan Penyerta Masakan Indonesia oleh Murdijati Gardjito, ketumbar mengandung minyak atsiri, koriandrol, a-pinen, b-pinen, vitamin C, vitamin K, potassium, folat, lemak, dan masih banyak lagi.
Namun, khasiat ketumbar untuk pria rupanya tidak hanya terkait kesehatan tubuh, tetapi juga berhubungan dengan kesehatan seksual. Lantas, apa saja khasiat ketumbar untuk pria?

Khasiat Ketumbar untuk Pria

6 Khasiat Ketumbar untuk Pria, Salah Satunya Meningkatkan Gairah Seksual (152195)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi daun ketumbar. Foto: Unsplash

1. Meningkatkan Libido

Ketumbar digadang-gadang mampu meningkatkan gairah seks alias libido. Melansir laman My Aphrodisiacs, khasiat ketumbar untuk pria itu disebabkan oleh kandungan vitamin A, vitamin B, dan vitamin C.
Vitamin A dan C berguna untuk mempertajam indera, sementera vitamin B mampu meningkatkan dorongan untuk melakukan hubungan seksual.

2. Mengobati Impotensi

Solusi paling tepat untuk mengobati impotensi maupun disfungsi seksual lainnya adalah berkonsultasi dengan dokter. Namun, mengonsumsi ketumbar bisa menjadi salah satu pilihan. Pasalnya, ketumbar dipercaya bisa menyembuhkan impotensi pada pria.
ADVERTISEMENT
Mengutip laman HubPages, zaman dahulu rempah satu ini banyak dijadikan orang Cina sebagai ramuan untuk mengobati impotensi. Makanan dan minuman yang mengandung ketumbar juga sering disajikan di pesta pernikahan.

3. Menurunkan Gula Darah

Selain meningkatkan seksualitas, ketumbar mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk menurunkan gula darah. Menurut informasi dari situs Healthline, khasiat itu berasal dari kandungan nutrisi yang terdapat di biji ketumbar, ekstrak, dan minyaknya.
Penelitian menunjukkan bahwa biji ketumbar mengurangi gula darah dengan meningkatkan aktivitas enzim yang membantu menghilangkan gila dari darah. Ekstrak biji ketumbar terbukti menurunkan gula darah sebesar 4 mmol/L dalam 6 jam.
Ketumbar bisa dikonsumsi dengan cara meminum rebusan bijinya. Rebus biji ketumbar selama satu menit atau lebih hingga mendidih. Dinginkan air ketumbar lalu minum untuk obat herbal.
6 Khasiat Ketumbar untuk Pria, Salah Satunya Meningkatkan Gairah Seksual (152196)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi biji ketumbar. Foto: Unsplash

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

ADVERTISEMENT
Ketumbar adalah tanaman kaya antioksidan. Kandungan tersebut terbukti mampu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas serta menurunkan peradangan pada tubuh.
Tak sampai di situ, antioksidan dalam ekstrak biji ketumbar dapat meningkatkan kekebalan tubuh, memperlambat pertumbuhan sel kanker paru-paru, prostat, payudara, dan usus besar.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketumbar dapat menurunkan faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol LDL.
Ekstrak ketumbar yang bertindak sebagai diuretic mampu membantu tubuh membuang kelebihan natrium dan air. Hal inilah yang akan menurunkan tekanan darah pada tubuh.

6. Melindungi Kesehatan Otak

Sifat anti-inflamasi ketumbar diketahui dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit, seperti parkinson, alzheimer, multiple sclerosis, serta beberapa penyakit yang disebabkan oleh peradangan otak lainnya.
ADVERTISEMENT
Di sisi lain, ekstrak ketumbar yang kaya antioksidan dapat mencegah kerusakan sel saraf setelah kejang akibat obat. Sedangkan, daunnya dipercaya bisa meningkatkan memori.
(ADS)
Ketumbar bisa menyembuhkan penyakit apa saja?
chevron-down
Apa saja khasiat ketumbar untuk pria?
chevron-down
Bagaimana cara mengonsumsi ketumbar?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020