6 Manfaat Minyak Kasturi untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
22 November 2022 10:06
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi minyak kasturi. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi minyak kasturi. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Minyak kasturi merupakan wewangian favorit Rasulullah yang sudah terkenal sejak zaman dahulu. Selain identik dengan aromanya yang lembut, minyak ini juga memiliki beragam manfaat untuk kulit dan tubuh.
ADVERTISEMENT
Mengutip buku Hadis Tarbawi karya Dr. H. Abdul Majid Khon, M.Ag., minyak kasturi adalah minyak alami yang berasal dari tanaman bunga kasturi atau darah hewan seperti rusa dan kijang.
Minyak kasturi sudah digunakan sebagai obat maupun wewangian sejak lebih dari 5000 tahun yang lalu. Saat ini, minyak kasturi menjadi salah satu komoditas langka yang dijual dengan harga mahal.
Lantas, apa saja sebenarnya manfaat minyak kasturi? Untuk mengetahui hal tersebut, simak penjelasannya dalam ulasan berikut ini.

Manfaat Minyak Kasturi

Ilustrasi manfaat minyak kasturi untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi manfaat minyak kasturi untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Foto: Unsplash
Minyak kasturi dikenal sebagai bahan wewangian yang memiliki segudang manfaat bagi kulit. Tidak heran jika minyak ini sering dijadikan sebagai bahan pembuatan parfum dan produk kecantikan lainnya.
Dihimpun dari The Researchpedia, berikut adalah beberapa manfaat minyak kasturi untuk kecantikan dan kesehatan kulit.
ADVERTISEMENT

1. Mengatasi masalah kulit

Kandungan senyawa kimia alami dalam minyak kasturi mampu mempercepat pertumbuhan sel kulit dan memulihkan dampak yang timbul akibat gangguan pada kulit.
Beberapa gangguan kulit umum yang dapat diatasi dengan produk yang memiliki kandungan minyak kasturi antara lain jerawat, eksim, vitiligo, dan sebagainya.

2. Menjaga tekstur kulit

Salah satu penyebab kulit menjadi kusam adalah radikal bebas yang menutup pori-pori. Jika dibiarkan terus menerus, radikal bebas ini dapat mematikan sel kulit sehingga tidak mampu beregenerasi.
Kandungan retinol pada minyak kasturi diklaim mampu melindungi kulit dari kontaminasi radikal bebas tersebut. Dengan demikian, sel kulit akan terus beregenerasi dan tekstur kulit tetap terjaga.

3. Menyamarkan keriput pada kulit

Minyak kasturi mengandung Linoleic acid (omega 6) dan Alphal-linoleic acid (omega 3) yang bermanfaat untuk menyamarkan keriput apabila digunakan secara teratur.
ADVERTISEMENT
Kandungan tersebut mampu membangun jaringan baru untuk mengganti jaringan kulit lama yang sudah rusak. Dengan manfaat ini, minyak kasturi banyak dipakai sebagai bahan dalam produk-produk anti-aging.

4. Memudarkan stretch marks

Kandungan vitamin A dalam minyak kasturi memiliki manfaat untuk memperbaiki sel kulit yang rusak. Oleh karena itu, produk yang mengandung minyak kasturi menjadi alternatif terbaik bagi mereka yang ingin memudarkan guratan halus atau stretch marks di area kulit tertentu.

5. Menjaga kelembapan kulit

Minyak kasturi mengandung omega 6 yang berfungsi menjaga keseimbangan kadar air pada lapisan kulit. Kandungan ini membantu kulit terhidrasi dengan baik sehingga tetap lembap dan terhindar dari masalah kulit kering.

6. Sebagai antiseptik

Manfaat terakhir minyak kasturi adalah menjadi antiseptik yang sangat berguna apabila tubuh mengalami luka akibat gigitan hewan, tergores benda tajam, robek, dan lain-lain.
ADVERTISEMENT
(AAA)
Apa itu minyak kasturi?
chevron-down
Bau minyak kasturi seperti apa?
chevron-down
Apakah minyak kasturi bisa menghilangkan jerawat?
chevron-down