News
·
21 Oktober 2020 12:04

6 Tips Diet DEBM untuk Pemula yang Wajib Diketahui

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
6 Tips Diet DEBM untuk Pemula yang Wajib Diketahui (134235)
Ilustrasi Diet. Foto: Pixabay
Diet DEBM merupakan singkatan dari Diet Bahagia Enak Menyenangkan. Populer sejak tahun lalu, diet ini diperkenalkan oleh Robert Hendrik Liembono. Berkat pengalamannya, ia pun memberanikan diri untuk membagikan cerita tentang diet DEBM di media sosial.
ADVERTISEMENT
Diet DEBM ini mengutamakan makanan rendah karbohidrat, tetapi tinggi protein dan lemak. Diet ini membiarkan orang yang mengikutinya untuk makan makanan favoritnya tanpa diharuskan olahraga. Tertarik mengikutinya? Simak hal yang harus diperhatikan saat diet DEBM untuk para pemula.
  1. Memiliki Target Berat Badan
6 Tips Diet DEBM untuk Pemula yang Wajib Diketahui (134236)
Memiliki Target Berat Badan. Foto: Pixabay
Sebelum melakukan diet, sebaiknya Anda memiliki target berat badan yang ingin dicapai. Target ini berguna untuk membantu perhitungan lamanya waktu diet. Di sisi lain, target yang dibuat pun harus rasional. Umumnya, diet DEBM mampu menurunkan berat 2-3 kg dalam sebulan.
  1. Selalu Sarapan
6 Tips Diet DEBM untuk Pemula yang Wajib Diketahui (134237)
Selalu Sarapan. Foto: Pixabay
Pastikan untuk selalu sarapan saat mengikuti diet DEBM karena sarapan dapat mengendalikan nafsu makan. Kalau biasanya sarapan identik dengan roti, bisa diganti dengan telur rebus. Hal ini juga pernah dikatakan dan dilakukan oleh sang pencetus, Robert dalam Instagram-nya.
ADVERTISEMENT
  1. Minum Air Sebelum Makan dan Berkala
6 Tips Diet DEBM untuk Pemula yang Wajib Diketahui (134238)
Air Mineral. Foto: Pixabay
Orang yang melakukan diet DEBM disarankan untuk banyak minum air mineral secara berkala untuk membantu proses penurunan berat badan. Umumnya setiap orang minum sebanyak 2 liter sehari.
Mengutip Healthline, setiap minum air sebanyak setengah liter dapat membakar sejumlah kalori. Selain itu, minum air sebelum makan juga dapat mengurangi nafsu makan.
  1. Konsumsi Makanan Tinggi Lemak dan Protein
6 Tips Diet DEBM untuk Pemula yang Wajib Diketahui (134239)
Daging Merah. Foto: Pixabay
Seperti tagline dari diet ini, konsumsi makanan rendah karbohidrat, tetapi tinggi lemak dan protein. Untuk pemula, disarankan untuk konsumsi lemak dan protein hewani.
Protein hewani bisa didapatkan dari daging merah, daging ayam, telur, ikan, dan sebagainya. Buah yang dapat dikonsumsi adalah alpukat karena kandungan lemak dan kaya serat.
ADVERTISEMENT
  1. Makanan yang Dianjurkan dan Dipantang
6 Tips Diet DEBM untuk Pemula yang Wajib Diketahui (134240)
Daging Ayam. Foto: Pixabay
Makanan yang dianjurkan saat mengikuti diet DEBM adalah telur, ayam, ikan, susu, sayuran yang tidak mengandung pati yang tinggi, dan buah tinggi lemak. Di sisi lain, makanan yang dipantang adalah nasi, pasta, roti, gula, madu, minuman manis, dan buah tinggi karbohidrat.
  1. Olahraga untuk Hasil Maksimal
6 Tips Diet DEBM untuk Pemula yang Wajib Diketahui (134241)
Olahraga. Foto: Pixabay
Meskipun diet DEBM tidak mengharuskan untuk olahraga, tetapi untuk hasil yang maksimal disarankan untuk olahraga. Tidak perlu kegiatan yang berat, dengan berjalan kaki atau lari secara rutin pun sudah cukup.
Pasalnya, berjalan kaki sejauh 1,6 km dapat membakar 100 kalori dalam tubuh, sehingga dapat memaksimalkan proses diet yang sedang dilakukan.
(FEP)