Konten dari Pengguna

7 Jajanan Khas Jepang yang Populer di Kalangan Masyarakat Indonesia

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
9 November 2022 8:11 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi makanan khas Jepang. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi makanan khas Jepang. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jepang merupakan salah satu negara maju di kawasan Asia yang memiliki banyak daya tarik, mulai dari teknologi, seni, budaya, hingga kulinernya. Negara ini juga terkenal dengan jajanan khas pinggir jalannya yang disukai populer hingga ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.
ADVERTISEMENT
Menurut World Health Organization (1996) jajanan adalah makanan dan minuman yang dipersiapkan atau dijual oleh pedagang kaki lima di jalanan atau tempat-tempat keramaian umum lain, yang terlebih dahulu dipersiapkan atau dimasak di tempat produksi, di rumah, atau di tempat berjualan.
Makanan dan minuman yang tergolong jajanan biasanya memiliki berbagai jenis rasa, aroma, bentuk, dan warna yang memikat. Membeli jajanan sudah menjadi hal yang lumrah dan dilakukan oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.
Lantas, apa saja jajanan khas Jepang yang populer di kalangan masyarakat Indonesia? Untuk mengetahui hal tersebut, simak penjelasan lengkapnya dalam ulasan berikut ini.

Jajanan Khas Jepang

Ilustrasi jajanan khas Jepang yang populer di Indonesia. Foto: Unsplash
Dihimpun dari buku Japan Popular Culture karya Fernando Kusuma, beberapa jajanan pinggir jalan khas Jepang yang sangat populer dan sering ditemukan di Indonesia antara lain sebagai berikut.
ADVERTISEMENT

1. Takoyaki

Ilustrasi takoyaki. Foto: Unsplash
Takoyaki adalah jajanan khas Jepang berbentuk bola-bola kecil dengan diameter 3-5 cm yang dibuat dari adonan tepung terigu dan berbagai isian, seperti potongan gurita, sosis, keju, dan lain-lain. Makanan ini biasanya disajikan bersama mayonais dan serutan bonito sebagai pelengkap.

2. Yakitori

Ilustrasi yakitori. Foto: Unsplash
Yakitori adalah sate ayam yang dibakar dengan daun bawang serta saus yang terbuat dari sayuran dan telur. Sate ini umumnya hanya mengambil daging paha, dada, kulit, dan usus ayam. Namun, ada beberapa jenis yakitori yang dibuat dengan bahan dasar gyutan (lidah sapi) dan reba (hati ayam).

3. Okonomiyaki

Ilustrasi okonomiyaki. Foto: Unsplash
Okonomiyaki adalah jajanan berbentuk pancake yang dibuat dari bahan dasar seperti kol, daun bawang, daging, serta gurita. Dalam penyajiannya, okonomiyaki yang telah dimasak selalu dilengkapi dengan saus teriyaki dan mayonais Jepang.
ADVERTISEMENT

4. Dorayaki

Ilustrasi dorayaki. Foto: Unsplash
Dorayaki adalah roti panggang yang diisi dengan selai manis atau kacang merah. Adonan dorayaki terdiri dari beberapa bahan khas Jepang, seperti mirin (arak beras manis), kecap, madu, kacang adzuki, dan lain-lain.

5. Taiyaki

Ilustrasi taiyaki. Foto: Unsplash
Taiyaki merupakan salah satu dessert terfavorit di Jepang yang memiliki rasa manis. Makanan ini sebenarnya mirip seperti biskuit berbentuk ikan. Taiyaki biasanya dijual dalam berbagai rasa, mulai dari kacang merah, cokelat, fla, dan lain-lain.

6. Yakisoba

Ilustrasi yakisoba. Foto: Unsplash
Yakisoba adalah mie goreng khas Jepang yang terbuat dari gandum. Mie ini biasanya digoreng dengan tambahan daging, jamur, aneka sayuran, saus yakisoba, dan mayonais. Sebelum mencicipi yakisoba, orang Jepang biasanya akan memakan jahe merah untuk membersihkan usus terlebih dahulu.

7. Oden

Ilustrasi oden. Foto: Unsplash
Oden adalah hidangan khas Jepang yang biasa dinikmati saat musim dingin. Makanan ini disajikan dalam satu panci besar berisi kuah, telur, sayuran, kue ikan, dan lobak. Beberapa isian oden biasanya ditusuk dengan bambu agar mudah dimakan.
ADVERTISEMENT
(AAA)