7 Macam Gaya Renang yang Mudah Dilakukan

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
7 September 2022 11:30
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi berenang saat kompetisi, Foto: unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi berenang saat kompetisi, Foto: unsplash
ADVERTISEMENT
Olahraga renang bisa dikatakan menjadi salah satu aktivitas yang banyak dipilih untuk mengisi waktu luang atau untuk menyehatkan tubuh. Renang memang cukup mudah untuk dilakukan, hanya perlu pergi ke kolam berenang umum atau kolam alami.
ADVERTISEMENT
Namun, olahraga ini bukanlah aktivitas yang hanya sekadar menceburkan diri ke dalam air. Untuk bisa berenang, seseorang perlu mengetahui teknik-teknik dasarnya dan tentunya berbagai macam gaya dalam berenang.
Artikel ini akan menjelaskan perihal gaya-gaya renang yang bisa menjadi pilihan Anda. Setidaknya ada tujuh gaya berenang yang diketahui dan umum dilakukan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Gaya-gaya dalam Berenang

Mengutip buku Ensiklopedia Olah Raga Air: Macam-macam Renang, ada empat macam gaya dalam renang, yakni gaya bebas, gaya dada, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu. Namun, ada pula gaya lain dalam berenang yang bisa dipilih, seperti gaya anjing, gaya samping, dan gaya trudgen. Berikut penjelasannya.
Ilustrasi gaya bebas saat berenang, Foto: unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi gaya bebas saat berenang, Foto: unsplash

1. Gaya Bebas

Gaya pertama yang umum dan dianggap sebagai dasar untuk bisa berenang ialah gaya bebas. Ketika melakukan gaya ini, perenang perlu mengayunkan kedua tangannya ke depan secara bergantian, dan diikuti dengan gerakkan kaki seperti sedang menggantung.
ADVERTISEMENT

2. Gaya Kupu-kupu

Selanjutnya ada gaya kupu-kupu atau butterfly stroke yang memiliki tingkat kesulitan paling tinggi dibanding dengan gaya renang yang lain. Untuk bisa melakukan gaya ini, perenang perlu stamina yang tinggi.

3. Gaya Dada atau Gaya Katak

Gaya dada atau juga dikenal sebagai gaya katak ialah gaya berenang dengan posisi seperti seekor katak yang tengah berenang. Ketika melakukan gaya ini, perenang akan menggerakkan kedua tangan dan kedua kakinya seperti katak, dengan posisi kepala berada di atas permukaan air.

4. Gaya Punggung

Lalu ada gaya punggung. Jika gaya berenang yang lain memposisikan tubuh menghadap ke dalam kolam atau ke bawah, gaya ini memposisikan tubuh ke atas atau seperti telentang di kolam berenang. Gaya berenang ini cukup sulit dilakukan bagi para pemula.

5. Gaya Anjing

Apabila gaya katak mengadopsi cara katak yang berenang, gaya anjing juga mengadopsi seekor anjing yang sedang berenang. Ketika melakukan gaya ini, seorang perenang perlu memposisikan kepala di atas permukaan air, dan menggerakkan kedua tangan serta kaki seperti anjing yang sedang berenang.
ADVERTISEMENT

6. Gaya Samping

Kemudian ada gaya samping yang sering kali digunakan para penjaga pantai untuk menyelamatkan seseorang di dalam air. Sebab, gaya ini memudahkan seseorang untuk menarik sesuatu ketika sedang berenang.

7. Gaya Trudgen

Gaya renang ini dicetuskan oleh perenang asal Inggris, bernama John Trudgen. Adapun gaya ini hasil dari pengembangan gaya samping. Atau dapat dikatakan gaya trudgen merupakan kombinasi dari gaya samping dan gaya bebas.
Itulah ketujuh macam gaya dalam olahraga renang yang bisa Anda lakukan. Tunggu apalagi? Silahkan pelajari dan coba ketujuh gaya di atas. Tentunya dengan didampingi para profesional.
(NNR)
Ada berapa macam gaya renang?
chevron-down
Bagaimana melakukan gaya bebas?
chevron-down
Apa gaya berenang yang paling sulit dilakukan?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·