Food & Travel
·
26 April 2020 10:03

7 Tips Membuat Gorengan Lebih Sehat Untuk Takjil Berbuka Puasa

Konten ini diproduksi oleh
7 Tips Membuat Gorengan Lebih Sehat Untuk Takjil Berbuka Puasa (10363)
Bakwan Foto: Shutterstock
Gorengan seringkali dijadikan takjil berbuka puasa sebelum menyantap hidangan utama. Tempe goreng, tahu isi, bakwan, dan lain-lain memang dapat mengganjal perut.
ADVERTISEMENT
Rasanya yang gurih dan renyah membuat banyak orang menyukainya. Tidak cukup rasanya jika hanya menyantap satu gorengan saja.
Namun, kebiasaan memakan gorengan juga dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan obesitas. Tentu kita patut waspada dan menjaga kesehatan, terutama selama Ramadhan.
Kabar baiknya, Anda tetap dapat menyantap gorengan yang lebih sehat dengan melakukan beberapa tips berikut ini:

Gunakan Minyak Zaitun

Minyak Zaitun kaya omega 9 sehingga lebih sehat. Dibandingkan jenis minyak lain, minyak zaitun juga lebih stabil di suhu tinggi. Artinya minyak zaitun dapat digunakan lebih lama. Minyak zaitun bahkan bisa menjaga kualitas dan nutrisi makanan.

Gunakan Minyak Jernih

Hindari menggunakan minyak yang sudah digunakan berulang. Minyak bekas sudah banyak kehilangan nutrisinya. Ini juga membuat rasa masakan tidak enak. Yang lebih mengkhawatirkan, menggoreng menggunakan minyak jelantah bisa meningkatkan risiko kanker, obesitas, dan penyakit degeneratif.
ADVERTISEMENT

Menggoreng Tanpa Minyak

Agar lebih sehat, Anda bisa membuat gorengan dengan cara alternatif tanpa minyak. Anda bisa memanggang atau menggunakan metode air frying. Kandungan lemak dalam gorengan bisa ditekan dengan menggunakan kedua metode tersebut.

Gunakan Tepung Beras atau Tepung Jagung

Tepung terigu serba guna banyak digunakan untuk membuat gorengan. Namun, kandungan gluten di dalamnya bisa menyerap banyak minyak. Sebagai alternatif, Anda bisa membuat adonan gorengan dari tepung beras atau tepung jagung.

Tambahkan Baking Soda dalam Adonan

Tambahkan baking soda atau campuran air berkarbonasi dalam adonan tepung. Ini bisa melepaskan gelembung-gelembung gas makanan saat digoreng, sehingga mengurangi penyerapan minyak.

Perhatikan Suhu Minyak

Apabila minyak kurang panas, maka butuh waktu lebih lama untuk memasak. Ini menyebabkan gorengan menyerap lebih banyak minyak. Tetapi jika minyak terlalu panas, gorengan akan makin cepat gosong. Ini tentu membuat gorengan tidak sehat. Suhu minyak yang tepat untuk menggoreng adalah sekitar 150-200 derajat Celcius
ADVERTISEMENT

Tiriskan Setelah Matang

Jangan langsung menyajikan gorengan setelah diangkat. Tiriskan agar gorengan tidak terlalu berminyak.
(ERA)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white