9 Arti Mimpi Naik Haji Menurut Islam, Pertanda Apa?

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
12 Agustus 2022 17:05
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi naik haji. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi naik haji. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Naik haji merupakan Rukun Islam kelima dan ibadah yang diwajibkan bagi seluruh umat Muslim yang mampu. Naik haji menjadi impian bagi sebagian besar Muslim. Bahkan, saking berharapnya untuk bisa menunaikannya, terkadang naik haji sampai terbawa ke alam mimpi.
ADVERTISEMENT
Sejatinya, makna mimpi yang dialami ketika tidur hanya dapat dijadikan analogi, pelajaran, penyerupaan, dan dugaan. Mimpi tidak dapat dijadikan pertimbangan dan dianggap benar, kecuali jika kebenarannya terwujud di dunia nyata atau ada tanda-tanda yang menunjukkannya.
Dalam ajaran Islam, mimpi bisa datang dari Allah SWT, setan, atau pikiran manusia itu sendiri. Menurut Ibnu Sirin, salah seorang penafsir mimpi terkemuka dalam Islam, mimpi naik haji bisa diartikan sebagai pertanda baik maupun buruk, tergantung dari situasi mimpi yang dialami.

Arti Mimpi Naik Haji

Bermimpi naik haji merupakan pengalaman indah yang memiliki makna khusus dalam Islam. Menurut Ibnu Sirin dalam kitab Taabirul Ro'oya, arti mimpi naik haji dan melihat Ka'bah dapat ditafsirkan secara berbeda tergantung dari kondisi orang yang memimpikannya, antara lain:
ADVERTISEMENT

1. Sembuh dari Penyakit

Jika orang yang bermimpi naik haji kondisinya sedang sakit di dunia nyata, maka mimpi ini menjadi pertanda baik. Mimpi naik haji dapat diartikan bahwa si pemimpi akan segera sembuh dari penyakitnya.

2. Terbebas dari Utang

Apabila orang yang bermimpi naik haji dan melihat Ka'bah sedang terlilit utang di dunia nyata, maka mimpi ini menjadi pertanda bahwa utang tersebut akan segera lunas.

3. Mendapat Kemudahan

Jika orang yang bermimpi naik haji sedang mengalami kesulitan dalam hidupnya, maka mimpi ini diartikan bahwa Allah akan segera memberikan pertolongan dan kemudahan untuknya.

4. Selamat di Perjalanan

Seseorang yang sedang melakukan perjalanan ke suatu tempat, lalu dia tertidur dan bermimpi melihat Ka'bah, maka mimpi itu ditafsirkan sebagai pertanda baik. Orang tersebut dipercaya akan selamat dalam perjalanan.
ADVERTISEMENT

5. Memperoleh Keuntungan

Bagi orang yang berprofesi sebagai pengusaha atau pedagang, mimpi naik haji diartikan akan memperoleh keuntungan dan rezeki tidak terduga.
Ilustrasi pelaksanaan haji. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pelaksanaan haji. Foto: Unsplash

6. Pertanda Allah Senang dengan Hamba-Nya

Menurut Ibrahim Al-Kirmani, seorang penafsir mimpi dalam Islam, mimpi naik haji atau umrah umumnya merupakan pertanda bahwa Allah senang dengan hamba-Nya tersebut. Mimpi ini menjadi pertanda baik bahwa orang tersebut akan berangkat haji atau umrah di dunia nyata.

7. Menjalin Hubungan Baik dengan Orang Baru

Jika seseorang bermimpi melaksanakan puncak ibadah haji di Padang Arafah dan berkumpul bersama jemaah lainnya, mimpi ini diartikan bahwa si pemimpi akan menjalin hubungan baik dengan orang yang baru dikenalnya.

8. Melakukan Ibadah Haji dalam Waktu Dekat

Bermimpi mencium Hajar Aswad atau mengunjungi makam Nabi Ibrahim AS merupakan pertanda bahwa orang tersebut akan melaksanakan haji dalam waktu dekat.
ADVERTISEMENT

9. Batal Naik Haji

Jika seseorang bermimpi batal naik haji, maka ini ditafsirkan sebagai pertanda buruk. Menurut Ibnu Sirin, apabila orang yang bermimpi tersebut merupakan seorang musafir, maka akan ada musibah yang menimpanya di perjalanan.
Di sisi lain, apabila si pemimpi dalam keadaan sehat di dunia nyata, mimpi ini menjadi pertanda bahwa orang tersebut akan mendapatkan penyakit tertentu.
Apa mimpi naik haji pertanda baik?
chevron-down
Apa arti mimpi mencium Hajar Aswad?
chevron-down
Apa arti mimpi batal berangkat haji?
chevron-down
(SFR)