Acne Prone Skin: Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
31 Juli 2022 15:43
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Perempuan Memencet Jerawat Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Perempuan Memencet Jerawat Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Acne prone skin adalah kondisi ketika kulit wajah sangat rentan berjerawat. Hal ini biasanya dipicu oleh faktor internal dan eksternal seperti hormon, makanan yang dikonsumsi, pori-pori tersumbat, dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT
Mengutip situs Be Beautiful, wajah dengan tipe acne prone skin biasanya cenderung lebih berminyak. Kulit wajah akan sering berjerawat dengan jumlah dan frekuensi yang cukup banyak.
Diperlukan perawatan khusus untuk mengatasi permasalahan kulit wajah acne prone skin. Jika Anda tidak selektif dalam memilih produk skincare, langkah ini justru akan memperparah keadaannya.
Biasanya, tipe kulit acne prone skin memiliki skin barrier yang tidak cukup kuat. Bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut untuk mengetahui jawabannya.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Acne Prone Skin

Merawat tipe kulit acne prone skin harus dilakukan secara menyeluruh. Selain memilih produk skincare yang benar, Anda juga harus melakukan beberapa perawatan di klinik kecantikan.
Ilustrasi jerawat batu. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi jerawat batu. Foto: Shutter Stock
Selain itu, memperbaiki pola makan dan gaya hidup juga berpengaruh pada proses penyembuhan acne prone skin. Perawatan ini memang jauh lebih rumit dibandingkan merawat tipe wajah biasa.
ADVERTISEMENT
Pada dasarnya, jerawat pada tipe kulit acne prone skin dibagi menjadi dua jenis yaitu meradang (inflamatory) dan tidak meradang (non-inflamatory). Keduanya memiliki pengertian dan cara penanganan yang berbeda.
Mengutip situs Healthline, jerawat yang meradang biasanya berwarna kemerahan. Jerawat bisa berbentuk papula atau pustula yang lebih parah dari biasanya.
Benjolan yang timbul juga biasanya terlihat lebih besar. Masa penyembuhan jerawat tipe ini memerlukan waktu yang lebih lama, yakni bisa berkisar antara 5-10 hari.
Sementara jerawat yang tidak meradang biasanya mengacu pada pori-pori yang tersumbat. Jerawat ini muncul dalam bentuk komedo atau whiteheads yang lebih mudah disembuhkan.
Jerawat pada kulit acne prone skin bisa disebabkan oleh banyak faktor. Para ilmuwan mengategorikannya menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
  • Folikel memproduksi terlalu banyak minyak
  • Sel-sel kulit mati menumpuk di pori-pori.
  • Bakteri menumpuk di pori-pori.
  • Perubahan hormonal, seperti masa pubertas siklus menstruasi, kehamilan, dan menopause.
8 Faktor Penyebab Jerawat yang Timbul pada Kulit Dewasa. Foto: Dok. Freepik
zoom-in-whitePerbesar
8 Faktor Penyebab Jerawat yang Timbul pada Kulit Dewasa. Foto: Dok. Freepik
Jika memiliki tipe kulit acne prone skin, Anda harus rajin menjaga kebersihannya. Cuci muka Anda 2 kali sehari saat bangun tidur dan sebelum tidur. Jangan lupa barengi dengan double cleansing menggunakan micellar water.
Kemudian, jangan menggosok permukaan kulit terlalu kasar. Sebaiknya gunakan produk chemical exfoliation untuk membersihkan sel-sel kulit mati.
Menggunakan produk facial scrub dengan bulir yang kasar sangat tidak disarankan. Agar tidak salah langkah, berikut cara merawat kulit acne prone skin selengkapnya:
  • Jangan menyentuh wajah dengan tangan kotor.
  • Lakukan perawatan rutin dengan dokter kulit yang tersertifikasi.
  • Mencuci barang-barang yang bersentuhan dengan kulit Anda secara rutin (handuk, kerudung, sarung bantal, dan lain-lain).
  • Menggunakan produk noncomedogenic.
  • Hindari produk yang mengandung alkohol dan fragrance.
  • Lembapkan kulit wajah Anda dengan produk moisturizer yang cocok.
ADVERTISEMENT
(MSD)
Apa itu acne prone skin?
chevron-down
Apa penyebab acne prone skin?
chevron-down
Bagaimana cara mengatasi masalah kulit acne prone skin?
chevron-down