News
·
28 Agustus 2020 18:49

Alur Cerita: Pengertian, Jenis-jenis, dan Contohnya

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Alur Cerita: Pengertian, Jenis-jenis, dan Contohnya (87164)
Ilustrasi membuat alur cerita. Foto: Pixabay
Alur cerita merupakan salah satu dari unsur intrinsik yang menjadi bagian dalam sebuah karya sastra. Alur cerita dibutuhkan dalam karya sastra untuk membuatnya menjadi lebih menarik agar dinikmati pembaca.
ADVERTISEMENT
Sederhananya, alur cerita adalah urutan atau rangkaian peristiwa yang membentuk sebuah cerita. Unsur intrinsik yang satu ini terbagi menjadi beberapa macam berdasarkan urutan waktunya, seperti alur maju, alur mundur, dan alur campuran.
Alur maju merupakan jalan cerita dengan peristiwa yang dimulai dari awal hingga akhir. Sedangkan alur mundur adalah cerita dengan peristiwa dari akhir ke awal, penulis mengawali kisah dengan konflik, lalu penyelesaian, dan memperlihatkan masa lalu atau disebut dengan kilas balik.
Alur Cerita: Pengertian, Jenis-jenis, dan Contohnya (87165)
Ilustrasi membaca novel. Foto: Pixabay
Sementara alur campuran merupakan gabungan antara alur cerita maju dan mundur. Alur campuran akan menyuguhkan peristiwa yang dimulai dari tengah cerita seperti The Bourne Identity. Dalam film tersebut, cerita di awali di tengah-tengah, saat Jason Bourne tidak ingat siapa dirinya.
ADVERTISEMENT
Alur cerita memiliki beberapa skema seperti orientasi atau penentuan peristiwa, rangkaian peristiwa, komplikasi yang memperlihatkan suatu kisah bergerak menuju konflik, serta solusi masalah. Skema alur cerita ini menjadi salah satu cara untuk membuat karya sastra seperti novel.
(DNA)