News
·
30 April 2021 7:25

Apa Alasan Bangsa Indonesia Memperjuangkan Kemerdekaan? Ini Penjelasannya

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Apa Alasan Bangsa Indonesia Memperjuangkan Kemerdekaan? Ini Penjelasannya (373979)
searchPerbesar
Ilustrasi Bendera Indonesia Foto: Shutterstock
Kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari perjuangan rakyat dan sejumlah pahlawan nasional. Selama berada dalam cengkraman penjajah, mereka terus berupaya merebut kemerdekaan dan memajukan Tanah Air.
ADVERTISEMENT
Perjuangan kemerdekaan Indonesia dipicu oleh penderitaan yang diakibatkan oleh penjajahan Jepang. Mengutip buku Ilmu Pengetahuan Sosial 3 tulisan Ratna Sukmayani, dkk. (2006), Jepang bertindak sewenang-wenang terhadap rakyat Indonesia.
Mereka memaksa penduduk pribumi untuk membungkukkan badan guna menghormati matahari terbit atau seikirei. Selain itu, Jepang juga memaksa rakyat pribumi melakukan romusha atau kerja paksa dan berbagai kewajiban lainnya.
Mengutip situs resmi Kemdikbud, ada beberapa faktor internal dan eksternal yang memicu paham nasionalisme serta perjuangan kemerdekaan Tanah Air, di antaranya:
Faktor Internal
  • Adanya penjajahan yang mengakibatkan penderitaan rakyat.
  • Munculnya kaum intelektual yang menjadi pemimpin pergerakan nasional.
  • Adanya kenangan akan kejayaan masa lalu seperti kerajaan Sriwijaya dan Majapahit.
  • Diskriminasi rasial.
Faktor Eksternal
  • Kemenangan Jepang atas Rusia pada tahun 1905 yang menyadarkan dan membangkitkan bangsa-bangsa Asia untuk melawan bangsa barat.
  • Munculnya paham-paham baru di Eropa dan Amerika yang masuk ke Indonesia seperti liberalisme, demokrasi, nasionalisme, dan sosialisme.
  • Kebangkitan nasional di Asia dan Afrika, contohnya All Indian National Congress 1885 dan Gandhisme di India.
ADVERTISEMENT
Bebasnya Indonesia dari belenggu penjajah ditandai dengan pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia oleh Bung Karno. Setelah itu, berita kemerdekaan Indonesia mulai menyebar ke seluruh wilayah Nusantara.
Lantas, apa alasan bangsa Indonesia memperjuangkan kemerdekaan?

Alasan Bangsa Indonesia Memperjuangkan Kemerdekaan

Apa Alasan Bangsa Indonesia Memperjuangkan Kemerdekaan? Ini Penjelasannya (373980)
searchPerbesar
Ilustrasi Ibu dan anak dengan bendera Indonesia Foto: Shutterstock
Alasan bangsa Indonesia memperjuangkan kemerdekaan tercantum jelas dalam Pembukaan UUD 1945 alinea pertama yang berbunyi:
"Bahwa sesungguhnya Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan."
Bangsa Indonesia berusaha membebaskan diri dari belenggu penjajah karena kemerdekaan adalah hak seluruh bangsa tanpa terkecuali. Indonesia berhak menjalani kehidupan yang bebas, aman, sejahtera, tanpa tekanan dari pihak mana pun.
Alasan merebut kemerdekaan juga tercatat dengan jelas dalam alinea empat, yaitu:
ADVERTISEMENT
"Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia..."
Alinea tersebut menjelaskan bahwa kemerdekaan Indonesia diraih demi negara dan masa depan seluruh masyarakat. Kemerdekaan ini juga didasari keinginan untuk melindungi Tanah Air agar rakyat merasa aman, nyaman, dan sejahtera di negaranya sendiri.
Di sisi lain, perjuangan kemerdekaan juga dilakukan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Tujuannya agar masyarakat Indonesia dapat memajukan dan membangun negara.
(GTT)
Tanda Awal Kemerdekaan Indonesia
chevron-down
Faktor Internal yang Memicu Perjuangan Kemerdekaan Indonesia
chevron-down
Faktor Eksternal yang Memicu Perjuangan Kemerdekaan Indonesia
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020