Apa Itu Effort dalam Hubungan? Kenali Bentuk-bentuknya agar Hubungan Langgeng

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
3 Agustus 2022 16:02
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi effort dalam hubungan. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi effort dalam hubungan. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Effort merupakan hal penting dalam membangun suatu hubungan, khususnya asmara. Bagi sebagian orang, effort dianggap sebagai bukti cinta mereka terhadap orang terkasih. Sebenarnya, apa itu effort dalam hubungan?
ADVERTISEMENT
Menurut laman Marriage, effort dapat diartikan dengan upaya memperhatikan kebutuhan pasangan. Bukan soal materi yang diberikan, tapi lebih kepada upaya membuat satu sama lain merasa saling dicintai, dihargai, dan diinginkan.
Sebagai contoh, bagi pasangan long distance relationship alias LDR, momen khusus seperti hari ulang tahun atau anniversary terasa lebih berbeda karena harus merayakannya dengan terpisah oleh jarak. Ketika salah satu pihak rela jauh-jauh menghampiri pasangannya demi bisa merayakan momen itu bersama-sama, itulah yang disebut dengan effort.
Effort dalam hubungan juga bisa dilakukan dengan cara yang lebih sederhana. Misalnya, menjadi pendengar yang baik untuk pasangan dan selalu ada saat pasangan membutuhkan.
Effort dipercaya menjadi salah satu landasan utama dalam keberhasilan suatu hubungan. Apabila ingin hubungan berjalan lancar dan langgeng, masing-masing pihak sebaiknya saling menunjukkan effort yang lebih.
ADVERTISEMENT

Bentuk-bentuk Effort dalam Hubungan

Ilustrasi hubungan asmara. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi hubungan asmara. Foto: Unsplash
Seperti yang disebutkan sebelumnya, effort yang diberikan untuk pasangan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Berikut beberapa bentuk effort dalam hubungan yang bisa diikuti, seperti yang dirangkum dari laman Bonobology.

1. Prioritas

Langkah pertama untuk menunjukkan effort dalam hubungan adalah memprioritaskan pasangan. Mengucapkan ‘Aku mencintaimu’ saja tidak cukup, tetapi harus ditunjukkan secara nyata dengan meluangkan waktu untuk berkencan, deep talk, atau sekadar menemani pasangan melakukan aktivitasnya.
Perlu diingat, menempatkan pasangan di skala prioritas teratas bukan berarti menggeser kepentingan lain yang sifatnya lebih mendesak. Jika memang sedang tidak memiliki waktu untuk menghabiskan waktu bersamanya, Anda bisa menyiasatinya dengan menunjukkan effort melalui komunikasi.

2. Komunikasi

Komunikasi adalah aspek terpenting dalam sebuah hubungan. Komunikasi yang terjalin dengan baik menjadi tanda bahwa hubungan berjalan dengan sehat. Sebaliknya, komunikasi yang buruk menunjukkan bahwa hubungan itu sedang tidak baik-baik saja.
ADVERTISEMENT
Sebagai bentuk effort mempertahankan keharmonisan hubungan, bicaralah dengan pasangan tentang segala hal. Mulai dari sesederhana menceritakan aktivitas hari ini hingga berdiskusi mengenai topik tertentu.
Begitu pula saat menghadapi masalah, sebaiknya sampaikan apa yang mengganjal di hati, bukan malah dipendam dan dibiarkan begitu saja. Dengan demikian, masalah akan cepat menemukan titik terang dan bisa diselesaikan dengan baik.
Ilustrasi pasangan kekasih. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pasangan kekasih. Foto: Unsplash

3. Perhatian

Effort juga bisa ditunjukkan dengan cara memberikan perhatian yang lebih kepada pasangan. Sebagai contoh, jauhkan ponsel dan fokuskan seluruh perhatian pada pasangan saat sedang bersama. Tindakan ini menunjukkan betapa pentingnya sosok pasangan bagi Anda. Pasangan pun akan lebih merasa dicintai dan dihargai.

4. Peduli

Tunjukkan minat atau ketertarikan pada kehidupan pasangan. Misalnya dengan ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang disukainya, menanyakan kabar keluarganya, atau mendukung impian serta ambisinya.
ADVERTISEMENT

5. Saling Berbagi

Salah satu effort terbesar yang dapat ditunjukkan dalam hubungan adalah kemauan untuk meredam ego dan saling berbagi satu sama lain. Kedua belah pihak harus mau meluangkan waktu, berkorban, dan berkompromi demi mewujudkan hubungan yang berkualitas.
(ADS)
Apakah effort dalam hubungan itu penting?
chevron-down
Apa contoh effort dalam hubungan?
chevron-down
Apa saja bentuk effort dalam hubungan?
chevron-down