News
·
3 Desember 2020 14:55

Apa Itu Konvensional? Ini Contohnya dalam Berbagai Bidang Kehidupan

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Apa Itu Konvensional? Ini Contohnya dalam Berbagai Bidang Kehidupan (326656)
Ilustrasi konvensional di masyarakat. Foto: Pixabay
Konvensional dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti bedasarkan konvensi (kesepakatan) umum (seperti adat, kebiasaan, kelaziman). Konvensional dapat dikatakan sebagai perkara tradisional yang berkembang di masyarakat dan disepakati secara umum.
ADVERTISEMENT
Menurut para ahli, pengertian konvensional dapat didefinisikan sebagai aktivitas yang sesuai dengan kebiasaan warga setempat. Aktivitas tersebut biasanya cenderung kepada kebiasaan, perjanjian kesepakatan dari banyak pihak, atau adat dalam suatu daerah.
Banyak yang salah mengartikan istilah konvensional sebagai sesuatu yang kuno. Padahal, istilah ini sangat berkaitan dengan kesepakatan dalam bidang kehidupan manusia.
Konvensional sering digunakan dalam kesepakatan sehari-hari mengacu kepada hal yang telah menjadi kebiasaan.

Konvensional di Masyarakat

Contoh sederhana jenis konvesional di masyarakat umum adalah hubungan antara laki-laki dan perempuan. Tanpa disadari perempuan dan laki-laki dalam masyarakat umum memiliki peran yang sudah disepakati.
Misalnya keharusan seorang laki-laki untuk bekerja, sedangkan perempuan mengurus rumah tangga. Begitu pula laki-laki harus melamar perempuan, bukan sebaliknya. Hal ini sudah dianggap lazim dan disepakati secara umum oleh masyarakat.
ADVERTISEMENT

Konvensional di Bidang Pendidikan

Dalam bidang pendidikan sering ditemui model pembelajaran yang berfokus hanya kepada guru saja. Guru memberi materi pelajaran, pemberian tugas, dan tanya jawab singkat. Ini dianggap sebagai hal yang lumrah karena lazimnya guru adalah menyampaikan ilmunya secara langsung.
Apa Itu Konvensional? Ini Contohnya dalam Berbagai Bidang Kehidupan (326657)
Ilustrasi konvensional di bidang bisnis. Foto: Pixabay

Konvensional di Bidang Bisnis

Konvensional dapat juga ditemui dalam bidang bisnis. Lazimnya ketika seseorang mempunyai bisnis, ia harus memiliki bentuk fisik seperti toko dan produk yang dijual. Namun, saat ini model usaha bisnis terus berkembang dan tidak mengharuskan memiliki toko atau produk yang diperlihatkan.

Konvensional di Bidang Persenjataan

Dalam bidang ini, konvensional yang dimaksud ialah penggunaan senjata yang masih memakai senjata populer dan umum seperti pistol, senapan, ranjau darat, bom, dan sebagainya.
ADVERTISEMENT

Konvensional di Bidang Bioteknologi

Bioteknologi merupakan teknologi biologis yang digunakan untuk menciptakan suatu produk dengan memanfaatkan mikroorganisme. Penggunaan bakteri atau jamur untuk menghasilkan enzim termasuk ke dalam bentuk konvensional. Karena hal tersebut lazim dalam proses bioteknologi.
(HDP)