News
·
5 Februari 2021 10:00

Apa Itu Resume dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Apa Itu Resume dan Bagaimana Cara Membuatnya? (673293)
searchPerbesar
Ilustrasi resume Foto: Shutterstock
Resume merupakan salah satu berkas yang dibutuhkan setiap pelamar kerja. Berkas ini dapat menjadi wadah penyampaian informasi terkait kemampuan diri pencari kerja.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari The Balance Career, resume adalah ringkasan pendidikan, riwayat pekerjaan, pencapaian, dan keterampilan seorang pelamar kerja. Resume juga bisa diartikan sebagai ringkasan data diri yang memuat riwayat pekerjaan serta kemampuan yang paling relevan.
Resume harus memuat informasi yang singkat, padat, dan jelas. Dokumen ini biasanya hanya terdiri dari satu halaman. Isi dari resume juga dapat diubah dan disesuaikan dengan posisi yang akan dilamar.

Perbedaan Resume dan CV

Saat ini, masih banyak orang yang memandang resume dan Curriculum Vitae (CV) sebagai berkas yang sama. Padahal, kedua dokumen tersebut memiliki tujuan serta format berbeda.
Resume menunjukkan kemampuan diri dan riwayat pekerjaan dengan ringkas. Sementara CV menjelaskan riwayat kehidupan pelamar dengan lengkap, mulai dari akademik, karier, hingga pencapaian.
ADVERTISEMENT
Resume umumnya hanya digunakan untuk melamar pekerjaan. Namun, CV dapat dipakai untuk keperluan akademis hingga melamar kerja.

Ciri-ciri Resume

Pada dasarnya, resume dapat dikenali dengan beberapa ciri atau karakteristik tertentu, yakni:
  • Memuat informasi dan kemampuan diri dengan singkat dan spesifik.
  • Menampilkan kemampuan yang relevan dengan posisi yang dilamar.
  • Terdiri dari satu halaman.
  • Hanya digunakan untuk melamar pekerjaan.
Apa Itu Resume dan Bagaimana Cara Membuatnya? (673294)
searchPerbesar
Ilustrasi Resume (Foto: Thinkstock)

Cara Membuat Resume

Jika ingin membuat resume, Anda harus menyertakan penulisan yang ringkas dan tepat. Tujuannya agar rekruter dapat memahami isi resume dengan mudah.
Lalu, bagaimana cara membuat resume yang baik dan benar? Simak caranya di bawah ini.
1. Menuliskan Pengalaman Kerja dan Kemampuan
Ketika menulis resume, pelamar kerja dapat menonjolkan pengalaman kerja dan kemampuannya. Namun, kedua unsur tersebut harus relevan dengan pekerjaan yang akan dilamar.
ADVERTISEMENT
Misalnya, seseorang yang melamar posisi Digital Marketing dapat menyertakan pengalaman magang sebagai Social Media. Kemudian, pelamar yang melamar posisi Desain Grafis dapat mencantumkan keahlian dalam menggunakan Photoshop, Adobe Illustrator, dan lainnya.
2. Menyertakan Pencapaian
Pelamar dapat menuliskan pencapaian dalam resume agar rekruter tertarik dengan kemampuan Anda. Contohnya adalah berhasil meningkatkan penjualan sebesar 20% dalam jangka waktu satu tahun.
3. Format Rapi
Pastikan Anda menulis resume dengan format yang rapi agar mudah dibaca dan dipahami oleh rekruter. Gunakan format standar seperti tulisan Times New Roman dan ukuran 12.
Apa Itu Resume?
chevron-down
Ciri-ciri Resume
chevron-down
Apa Fungsi Resume?
chevron-down
(GTT)