News
·
2 Desember 2020 14:31

Apa Manfaat dari Keragaman Karakteristik di Sekolah Bagi Dirimu?

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Apa Manfaat dari Keragaman Karakteristik di Sekolah Bagi Dirimu? (336888)
Ilustrasi keragaman karakteristik di sekolah. Foto: Shutterstock.
Salah satu manfaat dari keragaman karakteristik di sekolah adalah timbulnya rasa saling menghargai. Sekolah merupakan tempat menuntut ilmu yang terdiri dari individu yang beraneka ragam.
ADVERTISEMENT
Di sekolah tentunya siswa memiliki perbedaan baik itu dari segi karakteristik sampai dengan kehidupan sosial budaya. Individu akan menghadapi perbedaan yang tentunya dapat membuat pengalaman hidup mereka lebih berwarna.
Keragaman ini tidak melulu akan menimbulkan perselisihan. Justru akan banyak hal-hal positif yang bisa didapatkan ketika siswa menuntut ilmu di sekolah.
Lantas apa saja manfaat dari keragaman karakteristik di sekolah bagi dirimu?

Mengajarkan Menghargai Sebuah Perbedaan

Siswa yang baik pastinya akan menghargai perbedaan budaya, suku, ras, dan agama. Sikap toleransi harus ditanamkan sejak kecil agar terbiasa saat dewasa nanti.
Terutama di wilayah sekolah yang memiliki karateristik individu yang berbeda, siswa harus bisa saling menghargai perbedaan yang dimiliki temannya. Apabila perbedaan tersebut bisa ditolerir, pasti akan tercipta kerukunan dan kebersamaan yang harmonis.
Apa Manfaat dari Keragaman Karakteristik di Sekolah Bagi Dirimu? (336889)
Ilustrasi keragaman karakteristik di sekolah. Foto: Shutterstock.

Terciptanya Persatuan dan Kesatuan

Keragaman karakteristik individu adalah salah satu bentuk sarana untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan. Hal ini tentunya akan baik jika dipupuk saat menimba ilmu di sekolah.
ADVERTISEMENT
Di sekolah kita diajarkan bekerja bersama kelompok, memecahkan masalah dan bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan. Meskipun memiliki perbedaan karakteristik, di sini lah siswa dan teman-temannya akan berkolaborasi dan bersatu supaya masalah dapat diselesaikan.

Berteman Tanpa Memilih

Adanya keragaman membuat setiap siswa akan lebih mudah untuk berteman dengan yang lain walaupun terdapat perbedaan. Perbedaan ini akan membuat pertemanan mereka di sekolahan menjadi lebih berwarna tanpa harus memilih-milih.
Tanpa memandang latar belakang dan karakteristik individu dalam sekolah, siswa justru akan merasa senang jika memiliki teman yang berbeda-beda. Teman yang beragam ini justru akan menambah pengalaman mereka. Dari sini lah mereka akan mendapatkan pelajaran yang belum pernah didapatkan sebelumnya.
ADVERTISEMENT

Mampu Menyelesaikan Konflik secara Kekeluargaan

Meskipun terkadang konflik tidak dapat terhindarkan, justru perbedaan ini mampu menyatukan individu di dalam sekolah. Karakteristik individu yang berbeda pada siswa akan menjadi tantangan tersendiri saat siswa berusaha menyelesaikan konflik tersebut. Keakraban dan rasa kekeluargaan akan tercipta setelah konflik berakhir.
(VIO)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white