Apa yang Dimaksud dengan Promosi dan Apa Tujuannya?

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
18 Maret 2021 16:45
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Apa yang Dimaksud dengan Promosi dan Apa Tujuannya? (12657)
zoom-in-whitePerbesar
Stan Wonderful Indonesia di ajang F.re.e Munich 2020 Foto: Dok. Kemenparekraf
Seseorang yang baru merintis usaha biasanya akan melakukan promosi agar produk dan jasa yang ditawarkan dikenal publik. Tidak hanya untuk pemula, bentuk komunikasi pemasaran ini juga dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang telah mempunyai nama besar agar konsumen loyal terhadap produk mereka.
ADVERTISEMENT
Biasanya, pengusaha akan memberikan promosi berupa potongan harga, bonus produk, pemberian produk sampel, gratis biaya pengiriman, dan lain sebagainya. Jika Anda adalah seorang pemilik usaha, Anda perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan promosi.

Pengertian Promosi Menurut Para Ahli

Apa yang Dimaksud dengan Promosi dan Apa Tujuannya? (12658)
zoom-in-whitePerbesar
Promosi produk atau jasa lewat Facebook. Foto: REUTERS/Brian Snyder
Para ahli memiliki pendapat yang bermacam-macam mengenai definisi promosi. Mengutip buku Prakarya dan Kewirausahaan Paket C Setara SMA/MA Kelas XII Modul Tema 15 karya Mutawakil dan Nuswantari (2020: 4-5), menurut Boyd promosi adalah upaya membujuk orang untuk menerima produk, konsep, dan gagasan mereka.
Tjiptono menjelaskan konsep promosi secara lebih rinci. Yakni bentuk komunikasi pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi, serta mengingatkan pasar atas perusahaan dan produknya. Ini dilakukan agar publik bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan.
ADVERTISEMENT
Sementara itu menurut Gitosudarmo, pengertian promosi adalah kegiatan yang ditujukan untuk mempengaruhi konsumen agar mereka mengenal produk yang ditawarkan, menjadi senang olehnya, lalu membeli produk tersebut.
Berdasarkan berbagai pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya promosi adalah upaya memberikan informasi suatu produk agar mendorong konsumen untuk membelinya.

Tujuan Promosi

Apa yang Dimaksud dengan Promosi dan Apa Tujuannya? (12659)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi iklan Foto: Pixabaya
Tentu saja tujuan akhir dari promosi adalah untuk menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Secara spesifik, tujuan promosi di antaranya adalah:
  • Meningkatkan volume pembelian yang lebih besar
  • Menarik pembeli potensial. Pembeli potensial adalah kelompok yang belum pernah mencoba produk dari perusahaan sebelum benar-benar paham dan menyukai produk tersebut.
  • Menambah repeat order. Misalnya dengan memberi voucher diskon pada transaksi berikutnya.
  • Menumbuhkan loyalitas pelanggan. Sebab promosi secara berkesinambungan yang menekankan pada kebermanfaatan produk akan melekat di benak pelanggan.
  • Menambah utilitas/kegunaan
  • Meningkatkan daya tarik. Pemakaian produk yang sama selama bertahun-tahun mungkin membuat konsumen jenuh. Dibutuhkan strategi promosi agar daya tarik produk kembali meningkat.
  • Membentuk kesadaran. Misalnya menginformasikan keunggulan suatu produk yang tidak dapat ditemukan di produk lainnya. Dengan cara ini pelanggan akan sadar bahwa mereka sangat memerlukan produk tersebut.
ADVERTISEMENT
Pengertian Promosi
chevron-down
Tujuan Promosi
chevron-down
Cara menambah repeat order
chevron-down
(ERA)