Apakah Wamil di Korea Boleh Membawa HP? Ini Kebijakannya

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
12 Desember 2023 15:05 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Doojoon Highlight usai jalani tugas wamil. Foto: Instagram/@beeeestdjdjdj
zoom-in-whitePerbesar
Doojoon Highlight usai jalani tugas wamil. Foto: Instagram/@beeeestdjdjdj
ADVERTISEMENT
Di Korea Selatan, pria dewasa wajib mengikuti wamil selama 18-21 bulan. Pertanyaannya, apakah wamil di Korea boleh membawa HP?
ADVERTISEMENT
Ternyata, sampai saat ini kebijakan pemerintahan Korea Selatan belum membolehkan tentaranya untuk membawa HP saat wamil. Kebijakan ini dibuat untuk melindungi rahasia negara dari ancaman politik dan militer yang datang dari luar.
Mengutip laman Yonhap News, ada kekhawatiran kepemilikan HP tentara dapat meningkatkan risiko kebocoran informasi dan dokumen penting milik negara. Tentunya hal itu akan mengancam pertahanan nasional.
Hal ini membuat sebagian fans idol K-Pop merasa kecewa karena mereka tidak bisa mendapatkan update terbaru dari idolanya. Ingin tahu fakta menarik lain tentang wamil? Simak informasinya dalam artikel berikut.

Kebijakan Penggunaan HP Saat Wamil

Kolaborasi idola aktor yang jalani wamil. Foto: Berbagai sumber
Seperti disebutkan sebelumnya, pemerintah Korea Selatan telah mempertimbangkan agar tentara wamil dibolehkan membawa HP pribadi. Ini dilakukan agar tentaranya tidak merasa terisolasi dari dunia luar.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari laman United Press International, pihak kementerian melakukan uji coba dan survei terhadap 36 unit tentara mengenai efek penggunaan ponsel pribadi tersebut. Mereka ingin tahu, apakah ponsel benar-benar membantu keseharian para tentara atau tidak.
Selama uji coba, tentara dibolehkan untuk menggunakan HP dari pukul 18.00-22.00 di hari kerja dan pukul 09.00-22.00 di akhir pekan. Akses ini dilakukan di bawah pantauan langsung petugas militer di sana.
Setelah melakukan uji coba, pihak kementerian pun melakukan survei lewat wawancara dan kuisioner. Ternyata, hasilnya di luar dugaan. Mayoritas tentara mengatakan bahwa dirinya merasa tidak terisolasi lagi dari dunia luar.
Melalui perizinan penggunaan ponsel ini, tentara bisa mencari informasi seputar pembelajaran pribadinya. Hal ini memudahkan mereka dalam menjalani tugasnya sebagai tentara wamil.
ADVERTISEMENT
Uji coba dan survei ini menunjukkan hasil yang positif. Namun, pihak kementerian masih mempertimbangkan sejumlah aspek, salah satunya risiko kebocoran rahasia negara.
Itu mengapa, sampai saat ini pemerintah Korea Selatan belum mengizinkan para tentara membawa HP saat wamil. Kebijakan ini berlaku untuk semua tentara, termasuk idol K-Pop yang mengikuti wamil.

Fakta tentang Wamil

Ilustrasi wajib militer di Korsel. Foto: Stock for you/Shutterstock.
Program wamil wajib dilaksanakan oleh pria dewasa yang berstatus sebagai Warga Negara Korea Selatan. Syaratnya, pria tersebut sudah berusia lebih dari 18 tahun dan sehat secara jasmani maupun rohani.
Program wamil dilaksanakan selama 18-21 bulan. Tidak ada pengecualian bagi siapa pun, termasuk idol K-Pop dan orang terkenal lainnya.
Namun, pemerintah Korea Selatan memberikan pengecualian khusus bagi atlet dan seniman klasik berprestasi. Apabila mereka sering memenangkan kompetensi internasional, maka dibolehkan untuk tidak mengikuti wamil.
ADVERTISEMENT
Hak istimewa tersebut berlaku hingga saat ini. Namun, idol K-Pop tidak masuk dalam daftarnya. Mereka tetap wajib melakukan wamil dan tidak akan mendapatkan perlakuan spesial.
(MSD)