Arti Crazy Rich dan Asal-Usul Penyebutannya di Indonesia

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
10 Maret 2022 8:00
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi crazy rich. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi crazy rich. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Akhir-akhir ini, istilah crazy rich kerap digunakan warganet di media sosial. Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, crazy rich artinya super kaya. Mulai dari pengusaha, artis, sosialita, hingga pejabat mendapat julukan ini untuk menggambarkan seberapa kaya mereka.
ADVERTISEMENT
Istilah crazy rich secara khusus dialamatkan kepada orang-orang dengan kekayaan berlimpah yang memiliki berbagai bisnis, rumah dan mobil mewah, serta sering memamerkan gaya hidup khas kalangan kelas atas.
Beberapa orang kaya yang dijuluki Crazy Rich Indonesia antara lain Tom Liwafa, Indra Kenz, Dony Salmanan, Rudy Salim, serta pasangan suami istri Gilang Widya Pramana dan Shandy Purnamasari.
Biasanya, istilah crazy rich diikuti dengan daerah asal orang tersebut. Misalnya, crazy rich Surabayan, crazy rich Medan, crazy rich Malang, dan crazy rich Bali.
Selain crazy rich, ada pula julukan sultan yang sering disematkan kepada para selebriti yang mempunyai gaya hidup serba mewah. Sebut saja Raffi Ahmad yang dijuluki sebagai 'Sultan Andara' dan 'Sultan Bintaro' yang menjadi julukan Andre Taulany.
ADVERTISEMENT
Lalu, bagaimana asal-usul istilah crazy rich ini bisa ramai di kalangan warganet Indonesia? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Asal-Usul Istilah Crazy Rich di Indonesia

Crazy Rich Asians. (Foto: Dok. Crazy Rich Asians)
zoom-in-whitePerbesar
Crazy Rich Asians. (Foto: Dok. Crazy Rich Asians)
Istilah crazy rich pertama kali diperkenalkan oleh Kevin Kwan melalui novelnya yang berjudul Crazy Rich Asians. Istilah ini mulai viral dan menjadi perbincangan di mana-mana ketika novel tersebut diangkat menjadi film layar lebar.
Film tersebut menceritakan kisah cinta beda kasta antara seorang wanita biasa-biasa saja dan pria yang merupakan konglomerat di negara asalnya, Singapura.
Di film ini, kehidupan kelas atas para konglomerat Asia dipotret dengan baik. Kalangan mereka kemudian dijuluki dengan Crazy Rich Asians. Dari situlah istilah crazy rich semakin digaungkan masyarakat.
Meski berangkat dari novel dan film Crazy Rich Asians, istilah crazy rich di Indonesia semakin booming ketika sebuah pernikahan mewah di Surabaya menjadi sorotan. Kala itu, orang-orang menyebutnya dengan pernikahan 'Crazy Rich Surabayan'.
Pasangan Jusup Maruta dan Clarissa. (Foto: Instagram/@jusupclarissawedd)
zoom-in-whitePerbesar
Pasangan Jusup Maruta dan Clarissa. (Foto: Instagram/@jusupclarissawedd)
Pernikahan pasangan konglomerat itu disebut-sebut menjadi salah satu pernikahan termewah di Indonesia. Bukan hanya digelar di The Mulia Resort, Bali, pasangan ini juga memberikan doorprize berupa smartphone mewah dan mengundang penyanyi papan atas Raisa serta band rock internasional MLTR sebagai pengisi acara.
ADVERTISEMENT
Di luar pernikahan mewah tersebut, tagar #crazyrichsurabayans sempat memenuhi kolom trending di media sosial. Diawali dengan seorang guru di salah satu sekolah elit menceritakan keluarga muridnya yang crazy rich dan kerap menghabiskan waktu berlibur ke luar negeri. Setelahnya, para warganet ikut bercerita tentang kekayaan orang-orang yang mereka kenal.
(ADS)
Apa arti crazy rich?
chevron-down
Siapa saja yang mendapat julukan Crazy Rich Indonesia?
chevron-down
Bagaimana istilah crazy rich populer di Indonesia?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·