News
·
12 Januari 2021 13:12

Arti dan Jawaban Barakallah, Lengkap dengan Cara Penggunaannya

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Arti dan Jawaban Barakallah, Lengkap dengan Cara Penggunaannya (257746)
Ilustrasi umat Islam yang sedang bersilaturahmi. Foto: pixabay
Umat Islam mengenal ungkapan dan doa yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu ungkapan dan doa yang sering kita ucapkan adalah barakallah (بارك الله).
ADVERTISEMENT
Barakallah (بارك الله) terdiri dari dua kata, yaitu barakah (باركة) yang artinya berkah dan Allah (الله) yang artinya Allah Ta’ala. Secara bahasa, kalimat ini memiliki arti berkah dari Allah.
Kata barakallah merupakan ungkapan doa yang artinya “semoga Allah memberikan berkah”. Rasulullah SAW pun mengamalkan ungkapan ini dalam kehidupan sehari-harinya. Diriwayatkan oleh Imam an-Nasa’i, ibunda Aisyah RA berkata:
أُهْدِيَتْ لِرَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ شَاةٌ فَقَالَ : اقْسِمَيْهَا وَكَانَتْ عَائِشَةُ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا إِذَا رَجَعَتِ الْخَادِمُ تَقُوْلُ : مَا قَالُوْا ؟ تَقُوْلُ الْخَادِمُ قَالُوْا : بَارَكَ اللهُ فِيْكُمْ تَقُوْلُ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا : وَفِيْهِمْ بَارَكَ اللهُ نَرُدُّ عَلَيْهِمْ مِثْلَ مَا قَالُوْا وَيَبْقَى أَجْرُنَا لَنَا
Artinya : “Aku menghadiahkan seekor domba kepada Rasulullah SAW. Maka Beliau memerintahkan, “Bagi dua-lah domba tersebut (untuk disedekahkan)”. (Maka pembantu beliau pun mengirimkan daging domba tersebut,) Dan telah menjadi suatu kebiasaan bagi Bunda ‘Aisyah ra jika pembantunya telah pulang dari melakukan hal yang semisal itu, maka ia akan menanyakan, “Apa yang mereka katakan (setelah kita beri)?” Pelayanannya menjawab, “Baarakallaah Fiikum [semoga Allah memberkahi kalian]”. Maka ‘Aisyah pun mengatakan, “Wa Fiihim Baarakallaah [semoga Allah juga memberkahi mereka], kita telah membalas do’a mereka dengan do’a yang semisal dan tetap bagi kita pahala atas perbuatan baik yang telah kita lakukan (memberi hadiah daging domba).
ADVERTISEMENT
Lalu, bagaimana penggunaan ungkapan barakallah yang tepat? Dan bagaimana cara kita menjawabnya? Agar lebih memahaminya, simak penjelasan berikut.
Arti dan Jawaban Barakallah, Lengkap dengan Cara Penggunaannya (257747)
Ilustrasi pernikahan. Foto: pixabay

Penggunaan Barakallah yang Tepat

Ungkapan barakallah bisa kita sampaikan kepada sesama Muslim. Jika diucapkan kepada satu orang perempuan, maka lafadznya menjadi barakallahu fiik ( بَارَكَ اللَّهُ فِيكِ). Jika kepada satu orang laki-laki, lafadznya menjadi barakallahu fiik (بَارَكَ اللَّهُ فِيكَ). Dan jika kepada orang banyak, lafadznya menjadi barakallahu fiikum (بَارَكَ اللَّهُ فِيكُمْ).
Ada waktu dan kondisi tertentu yang menjadikannya tepat untuk diucapkan. Adapun waktu dan kondisi tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Saat mengucapkan terima kasih.
  1. Bertemu dengan mualaf.
  1. Bertemu dengan orang yang sedang bahagia atas keberhasilannya.
  1. Bertemu orang yang sudah menikah.
ADVERTISEMENT
  1. Bertemu orang yang baru melahirkan.
  1. Ucapan dan doa ulang tahun.

Jawaban Barakallah

Kita bisa menjawab barakallah dengan mengucapkan Aamiin atau Aamiin yaa Rab. Itu karena barakallah adalah doa untuk kita. Dan sebagai sesama Muslim, kita juga bisa mendoakan balik orang yang telah mendoakan kita.
Adapun jawaban yang tepat untuk menjawab ungkapan barakallah adalah wa fiika barakallah yang artinya semoga Allah juga memberikan berkah kepadamu. Jawaban ini bisa disesuaikan dengan orang yang mendoakan kita.
Kita bisa mengucapkan wa fiika barakallah untuk laki-laki, wa fiiki barakallah untuk perempuan, dan wa fiikum barakallah untuk banyak orang.
(MSD)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white