News
·
19 Mei 2021 16:40

Arti Emoticon yang Sering Digunakan dalam Pesan Teks

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Arti Emoticon yang Sering Digunakan dalam Pesan Teks (400334)
searchPerbesar
Ilustrasi Pesan teks foto: Unsplash
Emoticon adalah simbol populer yang kerap digunakan dalam percakapan pesan teks. Simbol ini juga sering ditemui di dunia maya, mulai dari media sosial, blog, hingga platform lainnya.
ADVERTISEMENT
Biasanya, emoticon dimanfaatkan untuk menyampaikan ekspresi wajah atau perasaan seseorang. Simbol ini tersusun dari tanda baca, huruf, dan angka.

Arti Emoticon

Mengutip buku Rahasia Chatting Tanpa Batas tulisan Jubilee Enterprise (2013), emoticon atau emotion icon adalah ikon yang berfungsi mempercantik sebuah teks dan mengekspresikan suasana hati seseorang.
Emoticon juga diartikan sebagai tanda serta simbol tertentu yang kerap digunakan dalam teks. Emoticon dapat disusun dengan menggabungkan beberapa karakter keyboard pada perangkat. Namun, ada juga ponsel yang sudah menyediakan emoticon secara otomatis.
Penggunaan emoticon memang mempermudah komunikasi, namun simbol ini juga tidak bisa digunakan dengan sembarangan. Simbol ini sebaiknya hanya ditujukan kepada teman atau keluarga.
Ada baiknya emoticon dihindari untuk keperluan formal seperti pekerjaan. Sebab, simbol ini dianggap kurang sopan atau kurang profesional untuk sebagian orang.
Arti Emoticon yang Sering Digunakan dalam Pesan Teks (400335)
searchPerbesar
Ilustrasi Mengirim Pesan teks foto: Unsplash

Contoh Emoticon

Agar lebih jelas, simak contoh emoticon berikut yang dikutip dari buku Cyber Public Relations yang ditulis oleh Bob Julius Onggo (2004):
ADVERTISEMENT
  • :) = Tersenyum
  • :( = Sedih
  • :O atau :0 = Terkejut
  • ;) = Mengedipkan mata
  • :V = Berteriak
  • :S = Bingung
  • :'( = Menangis
  • ;( = Marah
  • :D = Tertawa
Arti Emoticon yang Sering Digunakan dalam Pesan Teks (400336)
searchPerbesar
Ilustrasi Mengirim Pesan teks foto: Unsplash

Perbedaan Emoticon dengan Emoji

Kebanyakan orang menganggap emoticon dan emoji sebagai hal yang sama. Padahal, wujud keduanya sangat berbeda. Mengutip situs Britannica, emoticon adalah simbol yang berasal dari tanda baca, huruf, dan angka yang menampilkan emosi.
Sementara itu emoji adalah karakter berupa wajah, objek, hingga simbol. Emoji yang populer digunakan adalah kartun kuning yang memiliki berbagai ekspresi. Selain wajah, emoji juga menggambarkan benda, misalnya apel, semangka, televisi, ponsel, dan sebagainya.
(GTT)
Apa Itu Emoticon?
chevron-down
Fungsi Emoticon
chevron-down
Perbedaan Emoticon dan Emoji
chevron-down