News
·
12 Februari 2021 9:09

Arti Gong Xi Fa Cai, Ucapan Tahun Baru Imlek untuk Keluarga dan Kerabat

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Arti Gong Xi Fa Cai, Ucapan Tahun Baru Imlek untuk Keluarga dan Kerabat (152713)
Ilustrasi Gong Xi Fa Cai. Foto: pixabay
Imlek atau Tahun Baru Cina tahun 2021 jatuh pada Jumat, 12 Februari. Momen ini menjadi hari spesial untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat.
ADVERTISEMENT
Perayaan ini biasanya dimeriahkan oleh masyarakat Tionghoa dengan berbagai adat dan tradisi. Beberapa daerah akan melakukan parade dan festival. Berbagai macam kebudayaan Tionghoa ditunjukkan di parade tersebut, salah satunya barongsai.
Perayaan tahun baru cina ini kurang lengkap tanpa pembagian angpao dan ucapan selamat dari keluarga serta kerabat. Salah satu ucapan selamat Imlek yang biasa disampaikan adalah Gong Xi Fa Cai.
Arti Gong Xi Fa Cai, Ucapan Tahun Baru Imlek untuk Keluarga dan Kerabat (152714)
Ilustrasi Gong Xi Fa Cai. Foto: pixabay

Arti Gong Xi Fa Cai

Melansir The Star, secara harfiah Gong Xi Fa Cai memiliki arti selamat mendapatkan lebih banyak kekayaan. Hal ini diungkapkan oleh Prof Dr Yam Kah Kean, dosen senior Departemen Chinese Studies Universitas Malaya
Ungkapan ini sebenarnya kurang merepresentasikan tahun baru Imlek yang berorientasi pada semangat kebersamaan di tahun baru. Oleh karena itu banyak orang yang lebih memilih ucapan "Xin Nian Kuai Le" sebagai ucapan selamat di tahun baru Imlek.
ADVERTISEMENT
Kata "Kuai le" memiliki arti bahagia atau gembira. Sedangkan "xin nian" berarti tahun baru. Sehingga bisa dikatakan bahwa "Xin Nian Kuai Le" memiliki arti “Selamat berbahagia di tahun baru”.
Selain "Gong Xi Fa Cai" dan "Xin Nian Kuai Le", ada ucapan lain yang bisa digunakan di antaranya "Chun Jie Kuai Le" yang berarti Selamat Festival Musim Semi. Ada juga "In Xiang Shi Cheng" yang berarti semoga keinginan Anda menjadi kenyataan, dan "I Fan Feng Shun" yang artinya pelayaran lancar.
(MSD)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white