Arti Kiasan Bunga Tidur, Makna, dan Jenis-jenisnya

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
25 November 2022 16:22
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi arti kiasan bunga tidur. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi arti kiasan bunga tidur. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Bunga tidur merupakan kiasan dalam bahasa Indonesia yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Kiasan bunga tidur artinya sama dengan “mimpi”.
ADVERTISEMENT
Menurut Abrams M.H. dalam A Glossary of Literary Terms, kiasan adalah penyimpangan kata-kata oleh penutur dari penggunaan bahasa baku dalam upaya untuk mendapatkan makna atau efek tertentu.
Sederhananya, kata kiasan diartikan sebagai bentuk perumpamaan atau bukan makna sebenarnya. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai arti kiasan bunga tidur, makna, dan jenis-jenisnya, simak ulasan berikut ini.

Arti Kiasan Bunga Tidur dalam KBBI

Bunga tidur artinya mimpi. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Bunga tidur artinya mimpi. Foto: Pexels
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bunga tidur artinya “mimpi”. Kiasan ini banyak digunakan sebagai persamaan dari kata mimpi yang terjadi ketika seseorang dalam keadaan tidur.
Selain mimpi, bunga tidur juga memiliki beberapa arti lain dalam KBBI, di antaranya sebagai berikut.
1. Angan-angan
2. Delusi
3. Ilusi
4. Khayalan
5. Lamunan
ADVERTISEMENT
6. Merayan
7. Rasian
8. Visi

Makna Bunga Tidur atau Mimpi Menurut Para Ahli

Ilustrasi makna bunga tidur atau mimpi menurut para ahli. Foto: pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi makna bunga tidur atau mimpi menurut para ahli. Foto: pexels
Konsep bunga tidur sebagai mimpi yang dialami seseorang ketika tidur mengandung banyak makna tersirat. Berikut adalah makna mimpi menurut para ahli.

1. The American Psychological Association

Dalam ilmu psikologi, mimpi dimaknai sebagai keadaan fisiologis dan psikologis sadar yang terjadi selama tidur dan sering ditandai dengan bentuk gambaran yang kaya akan sensorik, endogen, motorik, emosional, dan pengalaman lainnya.

2. Sigmund Freud

Menurut Sigmund Freud dalam Interpretation of Dream (1914), mimpi adalah suatu ekspresi dari keinginan yang tidak disadari. Berdasarkan pandangannya, peristiwa yang terjadi dalam mimpi mungkin menunjukkan keinginan terpendam seseorang yang belum pernah terlaksana.

3. Carl Jung

Dalam buku Bengkel Ilmu: Mimpi karya Maeve Ennis, Carl Jung mengartikan mimpi sebagai ekspresi langsung dari imajinasi atau pikiran bawah sadar seseorang.
ADVERTISEMENT

Jenis-Jenis Bunga Tidur atau Mimpi

Ilustrasi jenis-jenis bunga tidur. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi jenis-jenis bunga tidur. Foto: Pexels
Bunga tidur atau mimpi yang dialami manusia terdiri dari alur cerita dan situasi yang sangat beragam. Dihimpun dari Psychology Today, berikut adalah jenis-jenis mimpi yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

1. Current/recent dream

Jenis mimpi ini umum dialami oleh banyak orang. Mimpi ini mencerminkan peristiwa yang terjadi selama 1-2 hari terakhir.
Misalnya, seseorang yang baru saja berselisih dengan pasangannya akan mengalami mimpi tentang pertengkaran. Bisa juga dialami oleh seseorang yang baru menonton film thriller, ia akan bermimpi bertemu dengan penjahat.

2. Metaphorical/symbolic dream

Mimpi ini merupakan gambaran metaforis atau simbolis atas peristiwa nyata yang terjadi di masa kini atau masa lalu seseorang. Misalnya, jika seseorang sedang mengalami kesulitan dalam pekerjaannya, ia mungkin akan bermimpi mendaki gunung sendirian.
ADVERTISEMENT

3. Fantasy/comfort dream

Jenis mimpi ini melibatkan fantasi atau pengalaman yang menghibur, terutama ketika seseorang sedang mengalami masa-masa sulit. Misalnya, orang yang sedang kesepian mungkin akan bermimpi liburan bersama teman-temannya.
Mimpi fantasi merupakan cara dari alam bawah sadar untuk membantu si pemimpi melepaskan stresnya dalam dunia nyata. Jenis mimpi ini juga sering dimaknai sebagai liburan singkat dari segala kecemasan.

4. Creative/problem solving dream

Mimpi semacam ini bersifat inspirasional dan dapat memberikan ide-ide kreatif maupun solusi atas suatu masalah yang telah lama dicari. Orang yang mengalami mimpi ini mungkin akan terbangun dengan perasaan senang seperti telah mendapat wahyu.

5. Nightmare

Nightmare adalah mimpi buruk yang terjadi setelah seseorang mengalami peristiwa stres dalam beberapa waktu terakhir. Mimpi buruk juga dapat disebabkan kecemasan, ketakutan, atau trauma masa lalu yang belum terselesaikan.
ADVERTISEMENT
(AAA)
Apa arti mimpi menurut psikologi?
chevron-down
Apa itu mimpi menurut Sigmund Freud?
chevron-down
Apa saja jenis mimpi?
chevron-down