Arti Lakuning Lintang dalam Weton Jawa dan Karakteristiknya

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
28 Februari 2024 12:00 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi weton lakuning lintang. Foto: unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi weton lakuning lintang. Foto: unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Arti Lakuning Lintang dalam weton Jawa digambarkan sebagai orang yang memiliki karakter pemalu dan suka menyendiri. Weton ini lahir dengan Neptu berjumlah 14, di mana angka tersebut merupakan penjumlahan dari hari lahir dan pasaran seseorang.
ADVERTISEMENT
Dalam buku Wariga dan Primbon: Memahami Pertanda Kehidupan susunan Miswanto (2024) disebutkan bahwa orang yang lahir dengan weton Lakuning Lintang cenderung beruntung dalam hidupnya. Ia akan dilimpahkan banyak rezeki dan tidak pernah merasa kekurangan.
Dalam kehidupan sosialnya, orang ini dipandang sebagai individu yang baik. Mereka tidak pernah menyimpan iri dan dendam di dalam hatinya. Soal keuangan, mereka pun cenderung mandiri dan hemat.
Selain Lakuning Lintang, ada banyak jenis weton lain yang didasarkan pada hari lahir dan pasarannya. Bagaimana karakter dan ramalan nasib mereka?

Perhitungan Weton Jawa

Ilustrasi penanggalan dalam numerologi Jawa. Foto: unsplash
Sebelum membahas ragam weton Jawa, sebaiknya pahami terlebih dahulu perhitungannya. Numerologi Jawa mengenal Neptu untuk mengetahui karakter seseorang.
Neptu tersebut didapatkan setelah menjumlahkan angka hari lahir dengan angka pasaran lahir. Hari lahir terdiri dari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu. Sementara pasaran lahir terdiri dari Kliwon, Legi, Pahing, Pon, dan Wage.
ADVERTISEMENT
Masing-masing hari dan pasaran tersebut memiliki angka yang sudah ditetapkan dalam kitab Jawa Betaljemur Adammakna. Berikut uraiannya:

1. Angka hari lahir

2. Angka pasaran lahir

Dari angka tersebut, Anda bisa mengetahui nilai Neptunya. Nantinya, nilai Neptu tersebut bisa digunakan sebagai acuan untuk mengetahui karakter dan ramalan nasib seseorang.

Ragam Weton Jawa dan Karakternya

Ilustrasi Kalender 2023. Foto: PENpics Studio/Shutterstock
Setelah mengetahui perhitungan Neptunya, Anda dapat memahami karakter dari masing-masing Neptu tersebut. Dirangkum dari buku Numerologi untuk Transformasi Diri karya Agung Webe (2018), berikut beberapa di antaranya:

Neptu 7

Dilambangkan sebagai Mantri Sinaroja. Orang yang lahir dengan Neptu ini digambarkan sebagai individu yang selalu mengalah, sabar, dan senang melindungi orang sekitar. Ia juga mampu mengerjakan perintah dengan baik dari atasan. Kekurangan dari neptu ini adalah tidak cerdas dan kaku.
ADVERTISEMENT

Neptu 8

Orang yang memiliki Neptu 8 digambarkan sebagai Lakuning Geni. Ia merupakan individu yang mudah marah dan cenderung ambisius. Namun, ia sangat ceria, mudah bergaul, dan luwes.

Neptu 9

Neptu 9 dilambangkan sebagi Lakuning Angin, di mana ia menyukai liburan dan berkelana. Ia adalah individu yang pendiam dan lincah, namun tidak terlalu mementingkan orang lain.

Neptu 10

Dengan Neptu 10, seseorang akan memiliki karakter yang menyukai kedamaian, jujur, dan senang melindungi orang di sekitarnya. Karena kejujurannya ini, ia sering terlihat melawan arus atau tampil beda.
(MSD)