Arti Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta dan Cara Menjawabnya

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
22 Mei 2024 8:00 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Umat Buddha. Foto: ANTARA FOTO/Anis Efizudin
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Umat Buddha. Foto: ANTARA FOTO/Anis Efizudin
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dalam ajaran agama Buddha, dikenal sebuah kalimat sabbe satta bhavantu sukhitatta yang merupakan salah satu inti ajaran agama ini. Apa arti sabbe satta bhavantu sukhitatta?
ADVERTISEMENT
Merujuk buku Re-memorize susunan Yukaristia, setiap agama pasti memiliki inti ajaran yang menunjukkan kasih sayang kepada seluruh makhluk. Dalam Islam, hal ini dikenal istilah ‘Rahmatan Lil’alamin’ yang artinya rahmat bagi seluruh alam.
Begitu pula dalam agama Kristen, ada ajaran tentang saling mengasihi dan mengampuni. Sedangkan dalam agama Hindu, dikenal semboyan 'moksartham jagadhita ya ca iti dharma' yang artinya agama bertujuan untuk mencapai kebahagiaan rohani dan perdamaian hidup di dunia.

Arti Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta

Ilustrasi Umat Buddha yang Memiliki Ajaran Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta.. Foto: Athit Perawongmetha/REUTERS
Dalam buku Feng Shui: Mitos & Fakta oleh Suhana Lim, disebutkan bahwa kalimat 'sabbe satta bhavantu sukhitatta' berarti semoga semua makhluk hidup berbahagia. Biasanya kalimat ini diucapkan saat peringatan Waisak. Untuk menjawabnya, Anda bisa mengatakan ‘sadhu sadhu sadhu’ yang artinya ‘bagus, bagus, bagus’
ADVERTISEMENT
Pada tahun ini, perayaan Tri Suci Waisak 2568 Buddhis Era jatuh pada 23 Mei 2024. Mengutip laman Kemenag, tema yang diusung Kementerian Agama adalah "Kesadaran Keberagaman Jalan Hidup Luhur, Harmonis dan Bahagia". Tujuannya agar umat mengingat bahwa perbedaan bukanlah suatu hal yang harus diperdebatkan atau dipermasalahkan.
Tri Suci Waisak memperingati tiga peristiwa penting yang dilalui Buddha Gautama, yakni kelahiran Pangeran Sidharta, Pertapa Sidharta menjadi Buddha, dan Buddha Gautama parinibbana atau wafat.
Melalui Waisak, umat Buddha diajak untuk mengenang perjuangan Guru Agung Buddha Gautama dalam menemukan Dhamma Kebenaran Mulia yang membawa umat manusia meraih kebahagiaan.
Secara umum, rangkaian perayaan Waisak di Indonesia dimulai dengan Bakti Sosial Kesehatan, pengambilan api abadi di Kabupaten Grobogan, pengambilan air berkah di Kabupaten Temangung, Prosesi, Puja Bhakti Waisak, dan diakhiri Puja Pelita.
ADVERTISEMENT

Istilah Lain dalam Ajaran Buddha

Ilustrasi Kamus Berisi Isitlah dalam Ajaran Buddha. Foto: Unsplash
Berikut ini beberapa istilah dalam Buddha yang dikutip dari laman Kemenag dan Buddha Dharma Education Association.
ADVERTISEMENT
(DEL)