Arti Sakinah Mawaddah Warahmah Sebagai Doa Pernikahan

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
3 Mei 2021 17:05
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi pernikahan. Foto: iStock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pernikahan. Foto: iStock
ADVERTISEMENT
Sakinah mawaddah warahmah, tiga kata yang kerap diucapkan untuk mendoakan pasangan pengantin dalam sebuah pernikahan. Ketiga ucapan tersebut sebenarnya bukan sekadar ucapan selamat, melainkan bentuk doa dan harapan.
ADVERTISEMENT
Sakinah mawaddah warahmah merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, sebab ketiganya memiliki hubungan yang berkaitan, yakni mengandung makna yang baik untuk mendoakan agar kehidupan pernikahan berjalan lancar dan bahagia. Kata-kata itu dipetik dari surat Ar Rum ayat 21 yang artinya:
“Di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.”
Lantas, apa arti sesungguhnya dari sakinah mawaddah warahmah yang sering digunakan sebagai ucapan doa pernikahan tersebut?

Arti Sakinah, Mawaddah, dan Warahmah

Ilustrasi pernikahan. Foto: iStock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pernikahan. Foto: iStock
Sakinah
Mengutip buku Suamiku Surgaku oleh Ummu Zahrani (2018), dalam bahasa Arab, sakinah memiliki arti damai, tenang, tenteram, dan aman. Setiap pasangan tentunya mendambakan hubungan seperti ini, yang jauh dari pertikaian, pertengkaran, maupun perselisihan yang dapat berujung pada perpisahan.
ADVERTISEMENT
Untuk mencapainya, banyak cara yang bisa dilakukan. Terlebih dahulu, pasangan suami istri harus bisa menjalani hidupnya sesuai dengan prinsip keimanan. Setelah itu, mereka harus saling menyayangi satu sama lain, menerima kekurangan masing-masing, dan saling melengkapi.
Dalam hal ini, komunikasi menjadi aspek yang sangat penting. Hendaknya masing-masing pihak saling mengomunikasikan apa yang mengganjal di dalam hati untuk diselesaikan bersama-sama. Dengan begitu, risiko adanya pertengkaran akan berkurang dan pernikahan menjadi damai dan tenteram.
Mawaddah
Secara bahasa, mawaddah diartikan sebagai rasa cinta. Keluarga yang mawaddah berarti yang kehidupannya diliputi dengan cinta.
Modal utama dalam membangun sebuah rumah tangga adalah perasaan saling mencintai. Untuk itu, pasangan suami istri sebaiknya menjaga dan mengembangkan perasaan cintanya masing-masing selama kehidupan rumah tangga mereka.
ADVERTISEMENT
Semakin perasaan cinta itu tumbuh, maka semakin lama rasa cinta kepada satu sama lain akan menjadi semakin besar. Hal ini dapat membuat hubungan rumah tangga menjadi semakin harmonis.
Warahmah
Mengutip buku Syariat Menuju Surga oleh Abu Muhammad Rafif Triharyanto (2020), warahmah merupakan kelanjutan dari mawaddah. Warahmah berarti rahmat, karunia atau anugerah Allah. Selain itu, rahmah juga bisa didefinisikan sebagai kasih sayang.
Karena itu, hendaknya pasangan suami istri menjalankan rumah tangganya dengan penuh kasih sayang. Dengan begitu, Allah akan memberikan rahmat dan karunia-Nya pada ikatan pernikahan tersebut.
Kasih sayang yang diwujudkan dalam rumah tangga ini dapat dilakukan dengan memelihara sikap saling menjaga, melindungi, saling membantu, serta memahami hak dan masing-masing sebagai pasangan suami istri.
ADVERTISEMENT
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sakinah mawaddah warahmah merupakan tiga kata yang mewakili harapan dari orang yang mengucapkan untuk pasangan pengantin baru. Tujuannya agar mereka dapat membangun bahtera rumah tangga dan keluarga yang tenang, penuh cinta dan diselimuti oleh kasih sayang.
(ADS)