Arti Sleepy Eyes, Riasan Mata yang Jadi Tren di TikTok

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
27 Agustus 2022 9:30 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi sleepy eyes. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi sleepy eyes. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Belakangan, tren sleepy eyes tengah viral di TikTok. Banyak konten kreator yang membuat video mengikuti tren ini dan membagikannya di TikTok. Sebenarnya, apa itu sleepy eyes?
ADVERTISEMENT
Secara bahasa, sleepy eyes artinya mata mengantuk. Sesuai dengan maknanya, pada tren ini, pengguna TikTok membuat video yang menampilkan wajah mereka dengan mata yang terlihat mengantuk atau sayu.
Sleepy eyes digambarkan sebagai kelopak mata bagian atas yang turun. Biasanya, seseorang dengan sleepy eyes memiliki pancaran mata yang redup.
Bentuk mata seperti itu terjadi ketika mata lelah karena kurang tidur atau penggunaan yang intens seperti menatap layar handphone terlalu lama. Namun, rupanya ada trik make up mata yang bisa dilakukan untuk membuat tampilan sleepy eyes. Bagaimana cara membuatnya?

Cara Make Up Sleepy Eyes

Ilustrasi membuat riasan mata. Foto: Unsplash
Selain sleepy eyes, ada pula doe eyes dan siren eyes. Para beauty influencer kerap membagikan tips membuat kedua riasan mata tersebut di TikTok hingga menjadi tren.
ADVERTISEMENT
Teknik doe eyes dapat membuat mata terlihat besar dan lebih menonjol. Sedangkan, siren eyes memberikan tampilan berupa sudut mata yang runcing sehingga mata tampak lebih panjang. Menurut laman Elle, make up sleepy eyes menggabungkan kedua teknik tersebut.
Meski riasan mata sleepy eyes umumnya menggunakan warna yang lebih gelap, tampilan sudut mata runcing yang menjadi ciri khas siren eyes dipakai pada teknik ini. Bedanya, eyeliner yang seharusnya dibuat segaris dengan kelopak mata, pada riasan sleepy eyes dibuat miring ke atas.
Ilustrasi sleepy eyes. Foto: Unsplash
Untuk mendapatkan tampilan sleepy eyes, pilihlah eyeshadow berwarna netral smokey lalu sapukan ke sepertiga luar kelopak mata menggunakan brush dengan lembut.
Kemudian, dengan brush yang lebih kecil dan berujung runcing, aplikasikan eyeshadow berwarna sama ke dalam lipatan mata untuk memberikan sentuhan shadow yang membuat mata terlihat lebih lelah.
ADVERTISEMENT
Setelah riasan tersebut sudah sesuai dengan yang diinginkan, gunakan eyeliner hitam dan gambar garis dari sudut luar mata. Lalu buat lagi garis yang menghubungkan ujung garis tersebut ke garis bulu mata atas untuk menciptakan tampilan wing eyeliner.
Selanjutnya, isi sekitar tiga perempat garis bulu mata bagian bawah. Dengan memakai blending brush berukuran kecil, blend garis eyeliner tersebut ke ujung sayap mata untuk memberikan sentuhan smokey eyes. Akhiri riasan dengan mengaplikasikan maskara ke bulu mata atas dan bawah untuk melengkapi tampilan sleepy eyes.
Jika tak mau repot membuat riasannya, Anda juga bisa membuat sleepy eyes tanpa make up. Caranya, posisikan kepala sedikit menunduk ke bawah, lalu arahkan pandangan ke atas. Agar terlihat lebih natural, jangan buka kelopak mata terlalu lebar.
ADVERTISEMENT
(ADS)