News
·
29 Agustus 2021 12:31
·
waktu baca 4 menit

Asbabun Nuzul Surat Ali Imran ayat 190-191 dan Isi Kandungannya

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Asbabun Nuzul Surat Ali Imran ayat 190-191 dan Isi Kandungannya (144078)
searchPerbesar
Ilustrasi membaca Al Quran. Foto: Shutterstock
Surat Ali Imran ayat 190-191 adalah ayat yang menjelaskan tentang tanda-tanda kekuasaan Allah SWT bagi Ulil albab atau orang-orang yang berakal. Ayat ini banyak menggambarkan penciptaan langit dan bumi, proses bergantinya siang dan malam, serta fenomena alam lain yang menjadi kekuasaan mutlak Allah.
ADVERTISEMENT
Ibnu Katsir menjelaskan, surat Ali Imran ayat 190-191 ini memotivasi manusia untuk memperhatikan ketinggian langit dan keluasan bumi serta semua yang ada padanya. Mulai dari gunung hingga lautan, pasir hingga hutan, hewan hingga tumbuhan, serta ciptaan Allah lainnya yang begitu menakjubkan.
Ayat ini mengajak umat Islam untuk merenungi fenomena yang terjadi di alam semesta. Tujuannya, agar bertambah keimanan di dada seorang hamba setelah ia menyadari betapa hebat kuasa Allah SWT yang mengatur alam tempat ia berada.
Bagimana isi kandungan dan asbabun nuzul Surat Ali Imran ayat 190-191? Berikut ulasan lengkapnya yang bisa Anda simak.

Asbabun Nuzul Surat Ali Imran ayat 190-191

Asbabun Nuzul Surat Ali Imran ayat 190-191 dan Isi Kandungannya (144079)
searchPerbesar
Ilustrasi Alquran Foto: Pexels
Mengutip buku Studi Ulumul Quran oleh Bambu Kuning, asbabun nuzul Surat Ali Imran ayat 190-191 diriwayatkan oleh Ibnu Mardaawaih dari atha ia bercerita bahwa: Aku pergi bersama Ibnu Umar dan Ubaid Bin Umar waktu mengunjungi Aisyah r.a., yang menerima dan menemui kami dibalik tirai. Beliau bertanya kepada kami, “Hai Ubaid! Apakah yang menghalangimu mengunjungi kami?" Ubaid menjawab dengan pepatah yang berbunyi: “Berkunjunglah jarang-jarang agar bertambah kasih dan sayang."
ADVERTISEMENT
Lalu Ibnu Umar bertanya kepada Aisyah, "Ceritakanlah kepada kami apa yang engkau lihat yang paling menakjubkan tentang perilaku Rasulullah SAW?” Aisyah menjawab, “Semua tingkah lakunya menakjubkan. Pada suatu malam beliau menghampiriku sehingga bersentuh tubuhku dengan tubuhnya.
Lalu beliau bersabda kepadaku," Biarlah aku beribadah kepada tuhanku ". Aku menjawab, “Demi Allah! Bahwa aku suka engkau berada disampingku, tetapi aku juga suka engkau beribadah kepada Tuhanmu".
Usai shalat beliau duduk sambil menangis tersedu-sedu sampai janggutnya basah oleh air matanya, kemudian ia bersujud dalam keadaan menangis hingga air matanya membasahi lantai. Ketika Bilal datang untuk panggilan shalat subuh, ia menemui beliau masih dalam keadaan tersedu-sedu dalam keadaan berbaring.
Bilal bertanya kepadanya, "Apakah yang menyababkan engkau menangis ya Rasulullah padahal Allah telah mengampuni dosa-dosa mu yang lalu maupun yang akan datang?” Rasulullah menjawab, "Bagaimana aku tidak menangis hai Bilal, setelah Allah menurunkan ayat ini, celakalah hai Bilal orang yang membaca ayat ini tanpa merenungkan dalam-dalam isinya.”
Asbabun Nuzul Surat Ali Imran ayat 190-191 dan Isi Kandungannya (144080)
searchPerbesar
Ilustrasi membaca Al Quran. Foto: Shutterstock
Adapun ayat yang dimaksud Rasulullah yakni Surat Ali-Imran ayat 190-191 yang berbunyi:
ADVERTISEMENT
إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِأُولِي الْأَلْبَابِ (190) الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ (191)
"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal. (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), "Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Mahasuci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka,"

Kandungan Surat Ali-Imran ayat 190-191

Asbabun Nuzul Surat Ali Imran ayat 190-191 dan Isi Kandungannya (144081)
searchPerbesar
Ilustrasi mendekap Al Quran. Foto: Shutterstock
Surat Ali Imran ayat 190-191 secara umum menjelaskan tentang tanda-tanda kekuasaan Allah yang semestinya direnungi oleh umat Muslim. Mengutip buku Islam Cinta dan Damai oleh Faza Mahdiyah, berikut beberapa poin khusus isi kandungan Surat Ali Imran ayat 190-191:
ADVERTISEMENT
  1. Penciptaan langit dan bumi serta pergantian malam dan siang merupakan tanda kekuasaan Allah.
  2. Tanda kekuasaan Allah di alam semesta ini hanya diketahui oleh ulul albab.
  3. Ulul albab adalah orang yang berdzikir dan berpikir. Ia selalu ingat kepada Allah dalam segala kondisi dan ia juga mempergunakan akalnya untuk memikirkan penciptaan alam semesta.
  4. Tafakkur atau berpikir yang benar akan mengantarkan pada kesimpulan bahwa Allah menciptakan sesuatu tidak ada yang sia-sia. Semuanya benar, semuanya bemanfaat.
  5. Tafakkur atau berpikir yang benar juga melahirkan kedekatan kepada Allah dan memperbanyak doa kepada-Nya.
(MSD)
Apa yang dimaksud dengan tafakkur?
chevron-down
Apa yang dimaksud dengan Ulil albab?
chevron-down
Apa tujuan diturunkannya Surat Ali Imran ayat 190-191?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020