News
·
4 Juni 2021 18:19
·
waktu baca 2 menit

Autobiografi: Pengertian, Contoh, dan Perbedaan dengan Biografi

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Autobiografi: Pengertian, Contoh, dan Perbedaan dengan Biografi (122909)
searchPerbesar
Ilustrasi teks autobiografi yang menggambarkan kehidupan seseorang. Sumber: Freepik.com - Diana grytsku
Tak semua orang memiliki masa lalu yang indah. Terkadang pengalaman tidak menyenangkan dan kejadian buruk di masa lalu turut menghantui. Untuk bergerak dari kejadian buruk masa lalu, seseorang perlu melakukan refleksi. Teks Autobiografi adalah salah satu contoh yang bisa digunakan sebagai refleksi.
ADVERTISEMENT
Mengutip Pembudayaan Literasi Seni di SD oleh Mansurdin, S.Sn., M.Hum., pengertian autobiografi adalah cerita tentang hidup seseorang yang ditulis tokohnya sendiri. Namun, tak jarang pula cerita tersebut ditulis orang lain atas penuturan dan sepengetahuan tokohnya.
Kelebihan autobiografi adalah keberadaan peristiwa-peristiwa kecil yang tidak diketahui orang lain karena tidak ada bukti yang dapat diungkapkan. Begitu pula sikap dan perasaan tokoh yang tak pernah diketahui orang lain.
Berbeda dengan autobiografi, biografi adalah cerita tentang hidup seseorang yang ditulis orang lain. Tugas penulis biografi adalah menghadirkan kembali jalan hidup seseorang berdasarkan sumber-sumber atau fakta-fakta yang dikumpulkan.
Penyusunan riwayat hidup itu biasanya kronologis mulai dari kelahirannya, masa kanak-kanak, masa muda, dewasa, dan akhir hayatnya. Sebuah karya geografi biasanya menyangkut kehidupan tokoh-tokoh penting dalam masyarakat atau tokoh-tokoh sejarah.
ADVERTISEMENT
Ciri dan struktur dalam autobiografi tidak jauh berbeda dengan biografi. Bedanya adalah penggunaan kata ganti orang pertama pada autobiografi karena menunjukkan diri sendiri.
Autobiografi: Pengertian, Contoh, dan Perbedaan dengan Biografi (122910)
searchPerbesar
Ilustrasi seseorang menulis teks. Sumber: Unsplash.com

Contoh teks Autobiografi

Mengutip Cermat berbahasa Indonesia : suplemen materi bahasa Indonesia oleh Sutarno, S.Pd, berikut adalah contoh teks autobiografi:
Aku lahir di Papua 12 Januari 1997, namun saat ini aku tinggal di kota Jakarta dan menjadi salah satu siswa di kelas X, SMA Negeri 21 Jakarta jurusan IPS. Aku memiliki hobi-hobi yang berkaitan dengan tumbuh-tumbuhan dan juga berolahraga, ten1tama olah raga jogging. Bagiku tumbuhan dan kesehatan adalah dua hal penting yang berkaitan antara satu dengan lainnya.
Semasa kecil aku pernah tinggal di dekat sungai Ciliwung, setiap musim hujan rumahku pasti kebanjiran oleh luapan sungai tersebut. Aku bersama keluargaku kemudian mengu ngsi keten1pat pengungsian sementa ra sampai ba nji r mereda. Hal itu terus saja teru lang dari tahun ketah unnya seperti tanpa ada pemecahan.
ADVERTISEMENT
Menginjak tahun pertama di SMA, aku mulai sadar bahwa permasalahan banjir sebetulnya bukan sekedar tanggung jawab pemerintah saja. Masyarakat juga harus ikut bertanggung jawab mengatasi masalah tersebut. Salah satu caranya adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan apalagi membuang sampah ke sungai.
Sejak saat itu, kemudian aku mulai bergabung dengan Komunitas Peduli Lingkungan. Komunitas ini bergerak setiap minggunya untuk mensosialisasikan berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mencegah banjir dan juga pola -pola hidup sehat. Tak lupa juga kadang kami mengadakan bakti sosial di setiap kelurahan yang dikunjungi.
Kini aku merasa lebih bermanfaat bagi orang lain. Dengan berbagi ternyata membuat orang menjadi lebih tau dan kita menjadi tau lebih.
(ULY)
ADVERTISEMENT