News
·
29 Juni 2021 13:59
·
waktu baca 3 menit

Bacaan Ayat Kursi dan Manfaat Mengamalkannya Bagi Umat Muslim

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Bacaan Ayat Kursi dan Manfaat Mengamalkannya Bagi Umat Muslim (580339)
searchPerbesar
Ilustrasi bacaan ayat kursi. Foto: Unsplash
Ayat kursi adalah bacaan yang terdapat dalam Al-Quran juz 3 surah Al-Baqarah ayat 255. Ayat ini turun saat Rasulullah SAW hijrah dari kota Makkah ke Madinah.
ADVERTISEMENT
Ayat kursi sangatlah mulia, maka saat diwahyukan kepada Rasulullah SAW dibawa oleh ribuan malaikat. Musabab turunnya ayat kursi adalah untuk melindungi manusia dari godaan setan. Saat ayat ini diturunkan, setan langsung ketakutan.
Berikut bacaan ayat kursi:
ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ
Allaahu laa ilaaha illaa huw, al-hayyul-qayyum, laa ta’khuzuhu sinatuw wa laa na’um, lahu maa fis-samaawaati wa maa fil-ard, man zallazii yasyfa’u indahuu illaa bi’iznih, ya’lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum, wa laa yuhiituna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’, wasi’a kusiyyuhus-samaawaati wal-ard, wa laa ya’uduhu hifzuhumaa wa huwal-‘aliyyul-‘aziim.
ADVERTISEMENT
Artinya, “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia yang Hidup Kekal lagi terus-meners mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaannya-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”
Selain terhindar dari godaan setan, seorang Muslim bisa mendapat banyak manfaat lainnya jika mengamalkan ayat kursi. Apa saja? Simak ulasan berikut.

Manfaat Mengamalkan Bacaan Ayat Kursi

Bacaan Ayat Kursi dan Manfaat Mengamalkannya Bagi Umat Muslim (580340)
searchPerbesar
Ilustrasi bacaan ayat kursi. Foto: Pexels
Mengutip buku Ayat Kursi, Untuk Perlindungan Diri oleh Fathoni el-Kaysi, berikut manfaat mengamalkan ayat kursi:
ADVERTISEMENT
1. Dilindungi dari Kejahatan
Ayat kursi dapat melindungi kita dari berbagai macam kejahatan. Bacalah ayat kursi ketika hendak keluar rumah, insyaAllah malaikat akan selalu menjaga kita.
2. Dijauhkan dari Mimpi Buruk
Membaca ayat kursi sebelum tidur dapat menjauhkan kita dari mimpi buruk. Rasulullah bersabda:
“Barangsiapa yang membaca ayat kursi menjelang tidur, maka Allah akan mengirim (mengutus) Malaikat untuk menjaganya sampai pagi. Dan setan tidak akan mendekatinya (mengganggu) sampai pagi hari.” (H.R. Bukhari).
3. Menghilangkan Penghalang Masuk Surga
Membaca ayat kursi setelah sholat fardhu dapat menghilangkan segala penghalang untuk masuk surga. Rasulullah bersabda:
“Barangsiapa membaca ayat kursi setiap selesai shalat wajib, maka tak ada penghalang baginya untuk masuk surga selain kematian.” (HR. Thabrani – Nasa’i).
ADVERTISEMENT
4. Mengentaskan Kemiskinan
Mengamalkan ayat kursi dapat mengentaskan kemiskinan. Bacalah saat memasuki rumah, insyaAllah kemiskinan tidak akan mengikuti sampai ke rumah.
5. Mempercepat Doa Terkabul
Menurut Syekh al-Jalal, apabila mengamalkan ayat kursi setelah shalat fardhu akan mempercepat diijabahnya segala hajat yang diinginkan. Apabila dilakukan tengah malam setelah berwudhu dengan benar dan menghadap kiblat, segala hajat akan lebih cepat lagi dikabulkan.
(AFM)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white