Bacaan Doa Sebelum Operasi Bedah untuk Mengangkat Suatu Penyakit

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
10 November 2022 16:28
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi doa sebelum operasi. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi doa sebelum operasi. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Keberhasilan operasi untuk mengatasi suatu penyakit ditentukan oleh beberapa hal, antara lain keterampilan ahli bedah, ketepatan diagnosa, perencanaan yang matang, dan terakhir adalah kehendak Tuhan yang Maha Kuasa.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, seorang Muslim yang akan menjalani tindakan operasi sangat dianjurkan untuk berdoa. Selain untuk memohon kelancaran, doa sebelum operasi juga dilakukan untuk menenangkan si pasien agar tidak cemas atau takut.
Mengutip buku Hukum Kesehatan Tentang Malapraktik Tenaga Medis Jilid 2 karya Sutan Remy Sjahdeini, operasi bedah adalah salah satu metode pengobatan yang paling sering digunakan dalam dunia medis dan kedokteran.
Tujuan umum tindakan operasi bedah adalah untuk mendiagnosis, mencegah, atau menghilangkan suatu penyakit. Operasi juga dapat dilakukan untuk mengembalikan suatu fungsi tubuh menjadi normal kembali.
Lantas, seperti apa doa yang dapat diamalkan sebelum operasi? Untuk mengetahui hal tersebut, simak penjelasan lengkapnya dalam ulasan berikut ini.

Bacaan Doa Sebelum Operasi

Ilustrasi bacaan doa sebelum operasi untuk mengangkat penyakit. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bacaan doa sebelum operasi untuk mengangkat penyakit. Foto: Unsplash
Menurut KH Ahmadi Isa dalam buku Doa-Doa Pilihan, doa menurut istilah adalah bentuk penyerahan diri kepada Allah SWT dalam memohon segala yang diinginkan dan meminta dihindarkan dari segala yang dibenci.
ADVERTISEMENT
Doa merupakan bagian dari ibadah yang sangat disukai Allah SWT. Perintah untuk berdoa ini juga tercantum dalam banyak ayat Al-Quran maupun hadits Rasulullah, salah satunya ayat berikut.
ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ
Artinya: “Berdoalah kepadaKu, Aku akan kabulkan doa kalian. Sungguh orang-orang yang menyombongkan diri karena enggan beribadah kepada-Ku, akan dimasukkan ke dalam neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” (QS. Ghafir: 60)
Doa dapat dilakukan kapan saja, termasuk saat hati merasa takut dan cemas karena sakit yang sedang diderita. Dirangkum dari buku Doa-doa Terbaik Sepanjang Masa karya Ust. Ahmad Zacky El-Syafa, ada tiga doa utama yang dapat diamalkan sebelum menjalani operasi bedah untuk mengangkat suatu penyakit.
ADVERTISEMENT
Bacaan doa ini dipercaya mampu menghilangkan kegalauan, stres, sedih, dan rasa cemas yang dihadapi sebelum operasi. Doa ini juga ditujukan untuk memohon kelancaran dan dihindari dari hambatan saat operasi berlangsung.

1. Surat Al-Fatihah

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ - ١ اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ - ٢ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِۙ - ٣ مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِۗ - ٤ اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ - ٥ اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ ۙ - ٦ صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ەۙ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ ࣖ - ٧
Bismillahir rahmanir rahim. Alhamdu lillahi rabbil alamin. Ar rahmanir rahim. Maliki yaumid din. Iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in. Ihdinas siratal mustaqim. Siratal lazina an’amta ‘alaihim ghairil maghdubi ‘alihim wa lad dallin.
Artinya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Maha pemurah lagi Maha Penyayang. Yang menguasai Hari Pembalasan. Hanya Engkaulah yang kamu sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta perolongan. Tunjukilah jalan yang lurus. (yaitu) Jalan orang-orang yang Engkai beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat."
ADVERTISEMENT

2. Ayat Kursi

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ
Allaahu Laailaaha illa huwal hayyul qayyuum. Laa ta'khudzuhu sinatuw walaa nauum. Lahuu maa fissamaawaati wamaa fil ardhi. Mangdzalladzii yasyfa'u 'indahuu illai bi idznih. Ya'lamu maa baina aiydiihim wamaa kholfahum walaa yukhiithuuna bisyayin min 'ilmihii illaa bimaa syaaa a. wasi'a kursiyyuhus samaawaati wal ardho. Walaa yauduhuu khifdhuhumaa wa huwal'aliyyul 'adhiim.
Artinya: "Allah, tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk, dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada seorang pun yang dapat memberi syafaat di sisi Allah melainkan dengan seizin-Nya. Allah mengetahui semua apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Mahatinggi lagi Mahabesar." (QS. Al Baqarah: 255)
ADVERTISEMENT

3. Doa sebelum operasi

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ اْلوَكِيْلُ عَلىَ اللهِ تَوَكَّلْنَا
Hasbunallahu wa ni’mal wakilu ‘alallahi tawakkalna.
Artinya: "Cukuplah Allah sebagai pelindung kami, dan Dia sebaik-baik pelindung. Hanya kepada Allah kami berserah diri."
Apa yang dimaksud dengan operasi bedah?
chevron-down
Apa tujuan operasi bedah?
chevron-down
Apa makna doa dalam Islam?
chevron-down
(AAA)
editor-avatar-0
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020