Mom
·
13 September 2021 17:05
·
waktu baca 3 menit

Bacaan Doa untuk Ayah yang Sudah Meninggal sebagai Wujud Bakti Seorang Anak

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Bacaan Doa untuk Ayah yang Sudah Meninggal sebagai Wujud Bakti Seorang Anak (14247)
searchPerbesar
Ayah dengan anaknya, Sumber: Flickr
Selain mencari nafkah untuk keluarga, seorang ayah juga memiliki peran penting dalam mengasuh dan mendidik anak. Bagi anak laki-laki, ayah akan menjadi sosok panutannya dan untuk anak perempuan, ayah adalah cinta pertamanya.
ADVERTISEMENT
Allah SWT memerintahkan umat-Nya untuk berbakti kepada orangtua seperti yang tercantum dalam surat Al Isra ayat 23.
وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعۡبُدُوۤا۟ إِلَّاۤ إِیَّاهُ وَبِٱلۡوَ ٰ⁠لِدَیۡنِ إِحۡسَـٰنًاۚ إِمَّا یَبۡلُغَنَّ عِندَكَ ٱلۡكِبَرَ أَحَدُهُمَاۤ أَوۡ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُل لَّهُمَاۤ أُفࣲّ وَلَا تَنۡهَرۡهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوۡلࣰا كَرِیمࣰا
Artinya: "Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik."
Bakti seorang anak tidak hanya berlaku saat sang ayah masih hidup tapi juga ketika beliau telah tiada. Salah satu cara yang bisa dilakukan umat Muslim untuk berbakti kepada ayahnya adalah dengan mengirimkan doa.
ADVERTISEMENT
Bagaimana doanya?
Bacaan Doa untuk Ayah yang Sudah Meninggal sebagai Wujud Bakti Seorang Anak (14248)
searchPerbesar
Ayah dengan anak-anaknya, Sumber: Flickr

Doa untuk Ayah yang Sudah Meninggal

Dalam sebuah Hadits, Nabi Muhammad SAW berkata:
الْوَالِدُ أَوْسَطُ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ فَإِنْ شِئْتَ فَأَضِعْ ذَلِكَ الْبَابَ أَوْ احْفَظْهُ
"Ayah adalah tengah dari gerbang Surga, jadi tetaplah di gerbang ini atau lepaskan." (Sunan At-Tirmizi)
Mengutip dari buku Dahsyatnya Ridha Orang Tua: El Madina oleh Samsul Rijal Hamid dijelaskan bahwa, orangtua yang sudah meninggal harus didoakan agar mereka diampuni oleh Allah SWT dan amal ibadahnya diterima oleh-Nya.
Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, "Apabila anak Adam (umat manusia) meninggal dunia, maka terputuslah segala amal kebaikannya, kecuali tiga macam amal. Pertama, harta yang diwakafkan. Kedua ilmu yang bermanfaat. Ketiga, anak yang sholeh yang selalu mendoakan orang tuanya.” (HR. Muslim)
ADVERTISEMENT
Berikut adalah bacaan doa untuk seorang ayah yang sudah meninggal dikutip dari buku Doa-doa Mustajab Orang Tua Untuk Anaknya oleh Aulia Fadli:
للّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ
الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ
وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ
Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’
madkholahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khothoo ya kamaa yunaqqots- tsawbul abyadhu minad danas.
Wa abdilhu daaron khoiron min daarihii wa ahlan khoiron min ahlihii wa zawjan khoiron min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a ‘idzhu min ‘adzaabil qobri wa fitnatihi wa min ‘adzaabin naar.
ADVERTISEMENT
Artinya:
Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah dia. Dan muliakanlah dia di tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan dan dosa seperti baju putih yang bersih dari kotoran."
(ADB)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020