News
·
28 April 2021 11:29

Bacaan Duduk di Antara Dua Sujud Sebagai Penyempurna Shalat

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Bacaan Duduk di Antara Dua Sujud Sebagai Penyempurna Shalat (949498)
searchPerbesar
Bacaan duduk di antara dua sujud sebagai penyempurna dalam shalat Foto: iStock
Bacaan duduk di antara dua sujud dalam shalat memang tidak wajib untuk diamalkan karena tidak termasuk rukun shalat. Namun, tetap dianjurkan karena bacaan dalam setiap gerakan shalat dapat menyempurnakan ibadah.
ADVERTISEMENT
Mengutip buku Terapi Shalat Sempurna oleh Ustaz Ahmad Baei Jaafar, rukun shalat terbagi menjadi tiga, rukun qauli (bacaan dalam shalat), fi’li (gerakan dalam shalat), dan qalbi (niat). Untuk bacaan duduk di antara dua sujud tidak termasuk ke dalam rukun-rukun tersebut, namun untuk gerakanya adalah bagian dari rukun fi’li.
Sehingga bagi umat Muslim dalam melaksanakan shalat, gerakana duduk di antara dua sujud tidak boleh terlewat agar sah ibadahnya. Kemudian, bacaan doa ini dianjurkan karena memiliki arti dan keutamaan yang baik apabila diamalkan.
Agar umat Muslim mudah untuk mengamalkan bacaan duduk di antara dua sujud, berikut bacaannya dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya.

Bacaan Duduk Di Antara Dua Sujud

رَبِّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاجْبُرْنِي ، وَارْفَعْنِي ، وَارْزُقْنِي ، وَاهْدِنِي
ADVERTISEMENT
Robbighfirlii warhamnii, wajburnii, warfa’nii, warzuqnii, wahdinii
Artinya: “Ya Allah ampunilah aku, rahmatilah aku, perbaikilah keadaanku, tinggikanlah derajatku, berilah rezeki dan petunjuk untukku”
(PDN)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white