Konten dari Pengguna

Bacaan Sholawat Haji yang Dapat Diamalkan agar Bisa Naik Haji

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
13 Mei 2024 8:00 WIB
·
waktu baca 3 menit
clock
Diperbarui 20 Juni 2024 13:20 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ibadah haji merupakan ibadah wajib yang dilaksanakan dengan berkunjung ke Ka'bah. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ibadah haji merupakan ibadah wajib yang dilaksanakan dengan berkunjung ke Ka'bah. Foto: Pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Haji adalah ibadah yang dilaksanakan dengan berkunjung ke Ka'bah. Rukun Islam ke-5 ini bersifat wajib bagi umat Islam yang mampu, baik secara fisik, psikis, dan finansial.
ADVERTISEMENT
Naik haji merupakan impian hampir seluruh umat Islam sebab tidak semua berkesempatan untuk melaksanakan ibadah ini. Tidak sedikit umat yang berupaya untuk dapat berkunjung ke Tanah Suci.
Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah mengamalkan sholawat haji. Dengan membaca sholawat ini, umat Islam dapat memohon kepada Allah SWT agar diberi rezeki dan kesempatan untuk melaksanakan ibadah haji.

Kumpulan Bacaan Sholawat Haji

Berbagai bacaan sholawat haji dapat diamalkan agar impian untuk bisa berangkat haji dapat terwujud. Foto: Pexels.com
Berikut beberapa bacaan sholawat yang bisa dibaca agar Allah SWT memudahkan seseorang untuk berangkat haji:

1. Sholawat Hajjiyah

Sholawat haji atau sholawat hajjiyah sering diamalkan oleh umat Islam agar bisa naik haji. Dikutip dari buku Kumpulan Doa, Dzikir dan Sholawat Al-Khoirot yang ditulis oleh A. Fatih Syuhud, berikut bacaan sholawat haji:
اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُبَلِّغُنَا بِهَا حَجَّ بَيْتِكَ الْحَرَامِ وَزِيَارَةَ قَبْرِ نَبِيِّكَ عَلَيْهِ أَفْضْلُ الصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ فِيْ لُطْفٍ وَعَافِيَةٍ وَسَلَامَةٍ وَبُلُوْغِ الْمَرَامِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهٖ وَبَارِكْ وَسَلِّمْ.
ADVERTISEMENT
(Allahumma shalli 'ala sayyidina Muhammadin salatan tuballighuna biha hajja baytika al-harami wa ziaraata qabri nabiyyika 'alayhi afdhlu as-salati wa as-salam fi lutfin wa 'afiya wa salamatin wa bulughil marami wa 'ala alihi wa sahbihi wa barik wa sallim.)
Artinya:
"Ya Allah, limpahkanlah salam kepada junjungan kami Nabi Muhammad dengan salam yang memungkinkan kami mencapai haji ke Baitullah yang suci dan mengunjungi makam NabiMu dengan salam yang paling baik dan sejahtera, dalam kelembutan, kesejahteraan, keselamatan, dan pencapaian tujuan, serta kepada keluarganya dan sahabatnya, berilah berkah dan salam."
Dengan membaca sholawat ini, umat Islam dapat meminta kemudahan untuk berkunjung ke Baitullah. Selain sholawat hajjiyah, umat Islam juga dapat membaca sholawat Ibrahimiyah.
ADVERTISEMENT

2. Sholawat Ibrahimiyah

Ilustrasi seseorang membaca sholawat haji. Foto: Pexels.com
Menurut Tuan Guru KH. Suhaidi Ghazali, M.Pd.I dalam bukunya yang bertajuk Shalawat Populer Esensi Shalawat Bagi Ummat Nabi Muhammad SAW, sholawat Ibrahimiyah dapat diamalkan oleh umat Islam yang memiliki keinginan besar untuk melaksanakan ibadah haji. Berikut bacaan sholawat ibrahimiyah:
اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ و بَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ
(Allahumma shalli 'ala sayyidina Muhammadin wa 'ala ali sayyidina Muhammadin kama sallayta 'ala sayyidina Ibrahim wa 'ala ali sayyidina Ibrahim wa barik 'ala sayyidina Muhammadin wa 'ala ali sayyidina Muhammadin kama barakta 'ala sayyidina Ibrahim wa 'ala ali sayyidina Ibrahim fil 'alamin, innaka hamidun majid.)
ADVERTISEMENT
Artinya:
"Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Muhammad dan kepada keluarga junjungan kami Muhammad sebagaimana Engkau limpahkan rahmat kepada junjungan kami Ibrahim dan kepada keluarga junjungan kami Ibrahim, dan berkahilah junjungan kami Muhammad dan keluarga junjungan kami Muhammad sebagaimana Engkau memberkahi junjungan kami Ibrahim dan keluarga junjungan kami Ibrahim di seluruh alam, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji, Maha Mulia."
Itulah beberapa bacaan sholawat haji yang bisa diamalkan. Disarankan untuk membaca ini setiap selesai ibadah salat wajib agar dapat dikabulkan untuk berangkat haji.
(SAI)
Kepo nggak, seberapa siap kamu berangkat haji? Coba cari tau dengan ikuti tes kesiapan haji di kum.pr/teshaji. Menangi hadiah modal haji total Rp1,5 juta.