News
·
24 Februari 2021 16:59

Bagaimana Cara Menunjukkan Kepedulian Terhadap Lingkungan?

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Bagaimana Cara Menunjukkan Kepedulian Terhadap Lingkungan? (60088)
Ilustrasi sikap peduli pada lingkungan. Foto: pixabay
Sikap peduli kepada lingkungan sudah seharusnya tertanam dalam diri setiap manusia. Sebab, lingkungan yang baik akan memberikan kemudahan bagi manusia untuk tumbuh dan berkembang.
ADVERTISEMENT
Untuk bisa menjaga lingkungan sekitar, seseorang harus memerhatikan beberapa aspek yang memengaruhinya seperti ketersediaan air, energi, udara, dan pepohonan. Namun sayangnya seiring perkembangan zaman, kepedulian masyarakat terhadap lingkungan semakin berkurang.
Lalu bagaimana cara menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan?

Cara Menunjukkan Kepedulian Terhadap Lingkungan

Melansir The Cleanweb Initiative, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menunjukkan kepedulian seseorang terhadap lingkungan, yaitu:
  1. Gunakan Lebih Sedikit Air
Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan lebih sedikit air. Gunakan air dengan bijak dan batasi penggunaannya.
Caranya dengan menggunakan air secukupnya saat mandi, mematikan keran air saat tidak dibutuhkan, dan gunakan sedikit air saat menyiram toilet. Dengan cara sederhana ini, maka Anda sudah terlibat dalam menjaga ketersediaan air di bumi.
ADVERTISEMENT
  1. Hemat Listrik dan Lampu
Berhemat saat menggunakan lisrik dan lampu. Ini bisa diterapkan dengan cara mematikan lampu di siang hari, mematikan lampu saat tidak dibutuhkan, tidak meninggalkan kulkas dalam keadaan pintu terbuka, dan matikan televisi jika sudah tidak ditonton.
Selain itu bisa juga dengan mengikuti kampanye lingkungan seperti Earth Hour, yaitu kampanye global yang diinisiasikan oleh World Wide Fund for Nature (WWF) Internasional. Kampanye ini diperingati setiap 19 Maret dengan gerakan mematikan lampu bersama pada pukul 20.30-21.30 WIB.
Bagaimana Cara Menunjukkan Kepedulian Terhadap Lingkungan? (60089)
Ilustrasi polusi udara karena kendaraan. Foto: pixabay
  1. Menggunakan Transportasi Umum
Kendaraan menyumbangkan banyak polusi yang dapat memperburuk kondisi lingkungan sekitar. Gas karbon yang dikeluarkan dapat membahayakan kesehatan orang yang menghirupnya.
Oleh karena itu, usahakan untuk menggunakan transportasi umum ketika bepergian. Transportasi umum dapat menampung banyak penumpang. Dengan cara ini, polusi yang dikeluarkan akan lebih sedikit dibanding dengan mobil pribadi yang hanya bisa menampung sedikit orang.
ADVERTISEMENT
  1. Bijak dalam Menggunakan Kertas
Banyak peralatan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari berbahan dasar kertas, seperti buku catatan, brosur, dan buku tulis. Kertas sendiri berasal dari pohon. Dan seperti kita ketahui, pohon memiliki peran penting dalam menjaga lingkungan.
Pohon dapat menghasilkan oksigen, mencegah longsor, dan mencegah banjir. Dengan manfaat itu, sudah sepatutnya manusia lebih bijak dalam menggunakan kertas. Gunakan kertas seperlunya sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan.
(MSD)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white