Cara agar Muka Simetris yang Dapat Dilakukan untuk Memperbaiki Penampilan

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
5 Oktober 2022 12:33
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi wajah tidak simetris. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi wajah tidak simetris. Foto: Unsplash
Bagi banyak orang, wajah yang tidak simetris sangat mengganggu penampilan. Daun telinga yang terlihat tinggi dari telinga lainnya, bagian tengah dagu yang tidak sejajar dengan pangkal hidung, dan ketidaksimetrisan lainnya kerap membuat kepercayaan diri seseorang menurun.
Kondisi tersebut sejatinya normal, sebab hampir setiap orang memiliki ketidaksimetrisan di wajahnya. Namun, perbedaan tersebut umumnya tidak terlalu besar sehingga banyak yang tidak menyadarinya.
Di sisi lain, ada beberapa penyebab wajah tidak simetris yang berkaitan dengan kesehatan. Lantas, apa penyebabnya? Bagaimana cara agar muka simetris? Simak informasinya berikut ini.

Penyebab Wajah Tidak Simetris

Ilustrasi wajah tidak simetris. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi wajah tidak simetris. Foto: Unsplash
Mengutip Healthline, wajah tidak simetris dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain sebagai berikut:

1. Faktor Genetik

Terkadang, wajah tidak simetris disebabkan oleh faktor keturunan. Struktur wajah seseorang umumnya sama seperti struktur wajah keluarganya. Jika ada anggota keluarga yang memiliki bagian wajah tidak simetris, kemungkinan besar ada anggota keluarga lain yang juga memilikinya.

2. Kerusakan Akibat Sinar Matahari

Seiring dengan bertambahnya usia, paparan sinar UV dapat menyebabkan bintik-bintik dan bercak yang berkembang di kulit. Kerusakan akibat sinar matahari itu biasanya hanya terjadi di sebagian wajah, sehingga membuat wajah tampak tidak simetris.

3. Perubahan Struktur Gigi

Perubahan struktur gigi dapat mengubah kontur wajah Anda. Misalnya menggunakan gigi palsu, veneer, mencabut gigi, dan sebagainya. Tak jarang, prosedur tersebut membuat bentuk wajah tampak tidak simetris.

4. Efek Penuaan

Seiring bertambahnya usia, asimetri wajah meningkat secara alami. Tulang manusia memang berhenti tumbuh saat masa pubertas, tetapi tulang rawan terus tumbuh seiring dengan pertambahan usia. Artinya, bentuk telinga dan hidung dapat berubah dari waktu ke waktu dan menyebabkan wajah tidak simetris.

Cara agar Muka Simetris

Wajah tidak simetris biasanya tidak memerlukan perawatan khusus. Namun, jika kondisi tersebut sudah dirasa mengganggu, ada beberapa cara agar muka simetris yang dapat dilakukan, di antaranya sebagai berikut:

1. Filler

Ilustrasi cara agar muka simetris. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara agar muka simetris. Foto: Unsplash
Menurut informasi dari laman Medical News Today, melakukan filler wajah dengan cara injeksi dapat membantu mengatasi wajah tidak simetris yang disebabkan oleh ketidakseimbangan jaringan atau kelemahan otot.
Biasanya, prosedur yang dipilih adalah menyuntikkan botox, yaitu obat dari bakteri Clostridium botulinum yang bisa merelaksasi atau melumpuhkan otot dengan cara menghambat aliran sinyal saraf. Mayoritas orang melakukan suntik botox untuk menaikkan alis yang tidak sejajar mencegah kerutan yang hanya muncul di satu sisi wajah.
Namun perlu diingat, efek suntikan botox hanya bersifat sementara. Efek botox umumnya akan berkurang dan menghilang setelah 3-4 bulan sehingga diperlukan penyuntikan kembali.

2. Implan Wajah

Bagi yang memiliki wajah asimetris karena struktur rangkanya, implan wajah dapat menjadi pilihan untuk dipertimbangkan. Menurut American Society of Plastic Surgeons, implan wajah merupakan prosedur yang sering dilakukan ahli bedah untuk memperbaiki struktur pipi, dagu, dan rahang agar tampak lebih ideal.
Implan biasanya terbuat dari silikon, logam, plastik, gel, dan protein. Berbeda dengan filler, implan wajah bersifat permanen. Jadi, disarankan untuk mempertimbangkannya baik-baik sebelum melakukan prosedur ini.

3. Rhinoplasty

Prosedur ini dikhususkan untuk Anda yang memiliki bentuk hidung tidak simetris dan ingin mengubahnya. Hasil rhinoplasty biasanya permanen. Namun, tidak menutup kemungkinan bentuknya kembali seperti sedia kala seiring dengan bertambahnya waktu.

4. Make Up

Bagi yang tidak ingin melakukan prosedur-perosedur di atas, make up bisa menjadi cara agar muka simetris yang dapat dipilih. Teknik make up tertentu seperti contouring dan highlighting dapat membantu mengurangi efek tidak simetris pada wajah.

5. Eyelid Tape

Kelopak mata yang tidak rata adalah hal yang umum terjadi. Jika merasa terganggu, Anda dapat menggunakan eyelid tape pada kelopak mata yang kendur untuk mengangkat kulit dan memberikan tampilan simetris pada wajah.
(ADS)
Kenapa wajah terlihat tidak simetris?
chevron-down
Apakah wajah tidak simetris itu normal?
chevron-down
Apakah muka tidak simetris bisa diubah?
chevron-down