Cara Cek Nilai Indeks dan Akreditasi Sekolah untuk Daftar PPDB dan SNBP

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
24 Mei 2024 10:38 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cek nilai indeks dan akreditasi sekolah. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cek nilai indeks dan akreditasi sekolah. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Nilai indeks dan akreditasi sekolah menjadi salah satu faktor penting yang memengaruhi penerimaan siswa di seleksi PPDB dan SNBP. Kedua nilai tersebut mencerminkan kualitas pendidikan dan pembelajaran di suatu sekolah secara umum.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari jurnal Analisis Faktor Pembentuk Indeks Siswa dan Sekolah Pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri di ITS karya Tina Wardania Firdani, indeks sekolah bisa diperoleh melalui beberapa parameter penilaian, termasuk skor akreditasi suatu sekolah.
Selain itu, skor Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter, skor SNBT alumni, dan Indeks Presitas Persiapan (IPP) juga menjadi faktor penting yang turut berpengaruh. Nantinya, semua parameter tersebut diakumulasi untuk menentukan nilai akhir suatu sekolah.
Lantai, bagaimana cara cek nilai indeks dan akreditas sekolah untuk mendaftar PPDB dan SNBP? Simak panduan lengkapnya dalam artikel berikut ini.

Cara Cek Nilai Indeks Sekolah

Ilustrasi siswa menngecek nilai indeks dan akreditasi sekolah. Foto: Pexels
Indeks sekolah ditentukan oleh masing-masing perguruan tinggi. Artinya, tiap perguruan tinggi menetapkan penilaian yang berbeda untuk tiap sekolah, tergantung jumlah alumni yang berhasil lolos seleksi, skor SBMPTN alumni, dan lainnya.
ADVERTISEMENT
Anda tidak akan bisa mengetahui angka pasti dari penilaian tersebut. Sebagai alternatif, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini untuk mengetahui gambarannya secara umum.

1. Kunjungi situs resmi Dinas Pendidikan

Kunjungi laman resmi Dinas Pendidikan, kemudian akses menu yang berisi data sekolah atau evaluasi pendidikan. Biasanya, di menu tersebut tersedia informasi mengenai indeks sekolah.

2. Hubungi Dinas Pendidikan setempat

Jika informasi di website Dinas Pendidikan tidak tersedia, maka Anda bisa langsung menghubungi petugas Dinas Pendidikan setempat. Tanyakan kepada mereka terkait informasi nilai indeks sekolah yang dimaksud.

3. Temukan laporan evaluasi pendidikan

Dalam laporan evaluasi pendidikan, sekolah biasanya mencantumkan nilai indeksnya. Laporan ini berisi informasi tentang kualitas pendidikan di sekolah tersebut, prestasi siswa, dan lain-lain.

4. Tanyakan kepada pihak sekolah

Biasanya, sekolah memiliki data valid atau prediksi terkait nilai indeksnya. Sebab, mereka mencatat jumlah alumni yang berhasil masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), daftar jurusan yang berhasil ditempuh, nilai SNBT siswa, dan lain-lain.
ADVERTISEMENT
Di samping itu, sekolah juga kerap mencatat nilai rata-rata siswa dalam beberapa semester. Pencatatan ini bisa digunakan untuk menentukan nilai indeks sekolah itu sendiri.

Cara Cek Nilai Akreditasi Sekolah

Ilustrasi kursi untuk siswa yang lolos PPDB dan SNBP. Foto: Pexels
Menurut Dwinita Apriyani dalam buku Kepengawasan Pendidikan dan Akreditasi Sekolah (2021), akreditasi adalah penilaian terhadap suatu lembaga pendidikan tentang kelayakan dan kinerjanya. Nilai ini dirilis langsung oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-SM).
Kini, nilai akreditasi sekolah bisa diakses secara online lewat laman resmi BAN-SM. Simak tata caranya berikut ini:
ADVERTISEMENT
(MSD)